Kebugaran Jasmani

Cara Mengatur Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan


Banyak sekali ragam metode untuk menyusutkan tubuh Anda menjadi ramping. Salah satunya dengan cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan Sobat. Apa saja ?

Mengatur Jadwal Makan

Berdasarkan pantauan dari Food  Detik, jadwal menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan pengaturan pola makan cepat.

Adapun jadwal dietnya adalah : sarapan pagi jam 04.00 atau saat bangun tidur pakai nasi atau tidak, lauknya bisa ayam, telur, ikan, daging sapi atau kambing. Bisa juga makan buah alpukat.

Kemudian, makan siang pada pukul 12.00 dengan sedikit karbohidrat. Makan saat ini sebaiknya mengkonsumsi wortel dan protein. Kemudian ada waktu makan semilan jika dibutuhkan pada pukul 15.00 yakni dengan mengkonsumsi karbohidrat rendah atau tidak sama sekali dan hanya mengkonsumsi protein.

Kemudian makan malam pada pukul 18.00. dengan mengkonsumsi sedikit karbohidrat dan banyak protein. Terakhir adalah waktu ngemil bila dibutuhkan yakni pada pukul 21.00 dengan konsumsi protein dan tidak ada karbohidrat sama sekali.

Mengatur Porsi Makan

Dikutip dari buku ‘58 QA Seputar Diet, Makanan, dan Suplemen’ oleh Tim Dokteranda, porsi makan seseorang harus memenuhi gizi yang seimbang. Misalnya dalam satu kali makan pasti ada karbohidrat kompleks, protein nabati, protein hewani dan lemak.

Untuk menurunkan berat badan, kurangi porsi yang biasa Anda makan. Selain itu, untuk menghindari rasa lapar bisa diakali dengan memperbanyak porsi sayur dan buah dalam konsumsi sehari-hari.

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari adalah kerupuk, gula pasir, kopi manis, teh manis, gorengan, salad, makanan siap saji, minuman ringan, kue, cookies, brownies, coklat manis, keripik kentang.

Mengatur Jenis Makanan

Selain mengatur jadwal makan dan porsi makan, jenis makanan yang dimakan pun menentukan pada keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Menurut 99, sedikitnya ada 7 jenis makanan yang dapat Sobat pilih untuk menurunkan berat badan yakni :

Telur

Telur kaya akan protein dan lemak sehat, sehingga dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang rendah, tetapi padat nutrisi. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan malnutrisi.

Tapi ingat, porsi telur terbaik adalah dengan merebusnya. Tidak menggoreng dengan menambahkan banyak garam atau gula.

Sayuran Hijau

Makanan yang kaya serat ini telah lama dipercaya sebagai cara jitu menurunkan berat badan. Misalnya kangkung dan bayam yang mengandung kalori dan karbohidrat rendah. Oleh karena itu, Anda bisa mengisi piring makan Anda dengan berbagai macam sayuran hijau tanpa takut jumlah timbangannya bertambah.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan kalsium yang terbukti berperan membantu proses pembakaran lemak tubuh.

Apel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan tertentu tepat sebelum makan dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat. Misalnya apel yang kaya akan pektin dan serat.

Kebanyakan orang bahkan bisa merasa kenyang hanya dengan makan apel di pagi hari. Cara terbaik makan apel adalah memakannya langsung, bukan mengubahnya menjadi jus.

Sup

Sup merupakan makanan rendah kalori yang sangat mudah dibuat di rumah. Makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Selain itu, dikutip dari The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi efektif untuk mengurangi asupan energi lainnya. Artinya menambahkan sup ke dalam menu makanan Anda sangat ampuh untuk membantu mengontrol berat badan.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kerja usus. Usus yang sehat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan resistensi leptin, salah satu kondisi yang mendorong hormon utama penyebab obesitas.

Konsumsilah yogurt berlemak tinggi setiap hari, agar kadar gulanya rendah. Karena yogurt rendah lemak biasanya tinggi gula dan harus dihindari saat diet.

Alpukat

Berbeda dengan buah lain yang mengandung karbohidrat tinggi, alpukat justru kaya akan lemak sehat. Alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, kandungan yang biasa ditemukan pada buah zaitun, sehingga bisa membantu tubuh merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak. Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam salad atau sayuran hijau sebagai pelengkap.

Kenari dan Almond

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari adalah makanan pembakar lemak yang bagus, sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat, protein dan lemak yang baik pada kacang-kacangan, sehingga membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu menurunkan berat badan.

Cara Mengatur Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

(Gambar : 99.co)

Tips Mengatur Pola Makan

Beberapa tips lainnya dalam mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan menurut Pop Mama antara lain :

Makanlah sebelum Anda lapar

Tahukah Anda bahwa makan saat lapar sering kali membuat Anda lupa diri sehingga akhirnya makan lebih banyak? Jika sudah begini, tubuh tidak menjadi berenergi, menjadi lemah dan mengantuk. Akibatnya kegiatan Sobat menjadi terhambat dan kurang produktif.

Hal itu bisa terjadi jika Anda makan saat lapar. Bagi Sobat yang sedang diet untuk mengurangi lemak tubuh disarankan makan sebelum lapar.

Lapar adalah sinyal tubuh, makan sebelum lapar tentu lebih baik daripada makan setelah lapar. Jika tubuh terpaksa makan 3 kali sehari, bisa menimbulkan beberapa efek negatif, seperti maag dan GERD.

Makan lebih sedikit tapi sering

Akan lebih baik makan 5 porsi kecil sehari, daripada makan 3 porsi besar sehari. Makan seperti itu bisa membantu menyehatkan tubuh sebab dengan frekuensi makan asalkan porsinya sama, maka akan memberikan hasil yang sama. Namun yang membedakannya adalah efeknya pada tubuh.

Makan 2 jam sebelum tidur

Beberapa orang mungkin sering melewatkan makan malam, karena dianggap tidak berguna bagi tubuh, dan hanya akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Ternyata ini salah.

Makan malam tidak dilarang, tapi sebaiknya dikonsumsi 2 jam sebelum waktu tidur. Dengan kata lain, Anda bisa menikmati makan malam pada pukul 21.00, selama Anda tidur pukul 23.00. Ini berguna untuk detoksifikasi tubuh juga.

Ketahui batasan kalori Anda

Salah satu hal yang sering membuat gagal diet adalah karena terlalu banyak mengonsumsi kalori. Makanya, disarankan untuk mengetahui batasan kebutuhan kalori harian.

Bingung cara menghitung kebutuhan kalori? Gunakan saja rumus untuk mengurangi berat badan yakni Berat badan dikali 25. Contoh, jika berat badan Anda 70 kg, maka 70 x 25 = 1.500 kalori per hari.

Konsumsi yang alami

Pola makan yang alami adalah yang berasal dari alam atau hewan. Jadi untuk berhasil dalam program penurunan berat badan, Anda harus mulai mengonsumsi makanan alami. Disarankan untuk menghindari berbagai makanan berbahan tepung, mulai dari mie, roti, hingga kue.

Menghindari tepung ini berlaku untuk makanan utama dan jajan. Jika Sobat ingin menikmati snack, disarankan untuk makan buah, produk susu (susu, yogurt), atau makanan yang terbuat dari tepung terigu (oatmeal, roti gandum).

Menerapkan konsep 80/20

Dalam menjalankan diet, memilih makanan yang sehat, bersih, dan tidak terlalu banyak kalori memang agak susah. Apalagi bagi ibu-ibu yang aktivitasnya padat. Jika Anda sedang dalam tenggat waktu, makanan cepat saji mungkin satu-satunya pilihan praktis.

Tapi apapun alasannya, disarankan untuk selalu mengingat konsep 80/20. Apa itu? 80 persen kalori harian yang Anda konsumsi haruslah alami dan bergizi. Sedangkan 20 persen kalori harian, mungkin saja makanan yang tidak jelas asalnya.

Tips lainnya yang mesti Sobat praktekkan adalah makan pada waktu yang sama setiap hari, minum air putih minimal 2 liter secara rutin, sarapan berprotein tinggi membuat Anda kenyang lebih lama, hindari makan malam di atas pukul 19.00 dan hindari mengonsumsi terlalu banyak gula.

Demikian cara mengatur pola makan diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan mengatur porsi makan untuk diet, membuat jadwal makan/makanan untuk diet ketat serta mengatur pola makan dengan mengatur jenis makanan memakai menu diet terjadwal.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Menurunkan Berat Badan
Back To Top