Kebugaran Jasmani

Cara Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan


Salah satu metode agar tubuh kita menyusut adalah dengan menerapkan cara minum air putih untuk menurunkan berat badan. Menurut IDN Times, ada beberapa cara dalam minum air putih agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Minumlah sebelum makan

Konsumsi air akan mengontrol nafsu makan Anda. Dengan meminum air, Anda akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang Anda konsumsi akan berkurang. Dilansir dari WebMD, minum air putih sebelum makan mengurangi asupan makanan sebanyak 75 kalori. Sedangkan jika rutin melakukannya, Anda bisa mengurangi konsumsi kalori hingga 27.000.

Menurut Alo Dokter dikatakan bahwa mengonsumsi 500 ml air atau sekitar dua gelas, 30 menit sebelum makan, dapat membantu menurunkan berat badan. Membiasakan minum air putih sebelum makan setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan hingga 2 - 4 kg dalam 12 minggu.

Studi lain dilakukan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan (obesitas) yang minum air sebelum makan, mampu menurunkan berat badan lebih banyak, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum air sebelum makan.

Minum air putih sebelum makan bisa membuat perut terasa kenyang, sehingga diharapkan bisa mengurangi nafsu makan. Sehingga mencegah Anda makan berlebihan, dan bisa menurunkan berat badan.

Minumlah 2 gelas air sebelum makan, baik itu sarapan, makan siang, atau makan malam. Setelah itu, makanlah makanan seperti biasa karena tubuh akan mengirimkan sinyal 'kenyang' ke otak.

Sedangkan menurut ahli penguji kualitas dan terapis di Rumah Sakit Saudi-Jerman di Jeddah, Ahmad Abdul Aziz Abdul Mazid mengonsumsi air putih dapat menjaga postur tubuh dan melangsingkan tubuh. Sedangkan orang yang jarang mengonsumsi air akan mudah mengalami penumpukan lemak.

Tambahkan air biasa dengan irisan lemon

Sebaliknya, konsumsi air. Jika bosan, Anda bisa menambahkan irisan lemon. Kandungan pektin dalam lemon juga membuat Anda mengurangi konsumsi makanan berlebih. Cobalah selama beberapa minggu dan lihat cara kerjanya.

Padukan dengan olahraga di gym

Air minum juga bermanfaat untuk mencegah kram otot dan melumasi sendi. Dengan begitu, Anda bisa berolahraga lebih lama. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Pastikan Anda minum cukup

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, Anda perlu minum setidaknya delapan gelas atau dua liter per hari. Anda dapat menambah jumlah air yang perlu Anda minum jika Anda memiliki banyak aktivitas atau olahraga yang membuat Anda berkeringat.

Sedangkan cara termudah untuk mengetahui apakah Anda cukup minum atau tidak adalah dengan melihat urine Anda. Lihat apakah warnanya jernih atau kuning muda.

Konsumsi Air Secara Teratur dan Disiplin

Banyak sekali manfaat air minum. Selain menyehatkan tubuh, air juga mampu menurunkan berat badan. Karena proses penurunan berat badan membutuhkan waktu yang lama, konsumsilah air putih secara rutin dan disiplin agar bisa mendapatkan hasil berat yang sesuai dengan yang diharapkan.

Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan tidak memiliki kelainan makan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air minum akan mengurangi konsumsi makanan Anda. Karena itu, pastikan Anda tidak mengalami gangguan makan. Ingatlah bahwa tubuh Anda juga membutuhkan banyak nutrisi. Selain itu, Anda tidak boleh melakukan diet air putih jika sudah mengalami kekurangan berat badan.

Minumlah air dan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Menurut penelitian lain, semakin banyak seseorang meminum air putih serta mengonsumsi buah dan sayur, maka dapat mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula atau kalori tinggi.

Kebiasaan ini juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan melancarkan pencernaan. Itu sebabnya, untuk menurunkan berat badan, Anda perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kedua jenis makanan tersebut mengandung sekitar 90% air yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah dan sayuran ini memiliki indeks massa tubuh dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Minumlah air saat Anda merasa lapar

Otak manusia seringkali kesulitan membedakan antara rasa haus dan lapar. Saat Anda merasa lapar di luar waktu makan, cobalah minum air terlebih dahulu. Siapa tahu, tubuh Anda kehabisan cairan. Jangan langsung makan berat atau ngemil.

Sebab, hal itu justru akan menambah kalori dan bobot tubuh. Kecuali jika Anda merasakan rasa lapar yang Anda rasakan saat makan, minum air putih secara teratur juga akan membantu pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Jika jarang minum air putih, Anda berisiko mengalami sembelit akibat gangguan fungsi ginjal. Kekurangan air akan menyulitkan ginjal untuk menyaring kalsium dan zat lain di dalam urin, yang berujung pada pembentukan batu ginjal.

Cara Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

Hindari minuman kemasan saat haus

Air putih merupakan minuman yang bebas kalori, sehingga tidak menyebabkan penambahan berat badan. Jika haus, sebaiknya tambahkan banyak air daripada mengonsumsi minuman berwarna atau minuman kemasan yang banyak mengandung rasa.

Selain membuat berat badan bertambah, konsumsi minuman tinggi kalori dan gula akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Pasalnya, minuman ini umumnya mengandung banyak kalori dan tanpa disadari bisa memicu penambahan berat badan saat diminum. Pada dasarnya salah satu keuntungan menggunakan air putih sebagai penunjang penurunan berat badan adalah kemudahan melakukannya di tengah kesibukan aktivitas, dibandingkan dengan metode diet lainnya.

Perlu diingat, selain minum air putih, upaya menurunkan berat badan harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup dan olahraga teratur.

Setelah bangun tidur

Segera penuhi asupan cairan dengan meminum air setelah bangun tidur. Segelas air di pagi hari membantu tubuh untuk bangun dan beraktivitas. Selain itu, adanya air membantu tubuh mendorong radikal bebas dan sisa kalori dari kalori yang dibakar untuk metabolisme tubuh dalam semalam.

Konsumsi 2 sampai 4 gelas air hangat di pagi hari. Mengkonsumsi air putih dapat membantu metabolisme dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga mempercepat dan mempercepat penurunan berat badan.

Sebelum ngemil

Jika ingin ngemil, minum airnya dulu. Adanya air membantu Anda merasa kenyang, sehingga asupan kalori lebih terkontrol.

Jadi kalau Anda terbiasa dengan minuman berkalori, cobalah untuk mengganti minuman berkalori tersebut dengan air putih. Mulailah meninggalkan konsumsi jus kemasan, soda, dan teh kotak yang banyak mengandung kalori.

Minumlah air putih dan kurangi asupan garam untuk mengurangi kadar air dalam tubuh.

Mengurangi jumlah garam yang Anda makan dapat membantu Anda mengurangi kadar air dengan cepat, terutama jika digabungkan dengan peningkatan asupan air harian Anda

Cobalah melakukan diet detoksifikasi singkat dengan menggunakan air yang mengandung sayuran dan buah-buahan (air infus). Belilah beberapa buah dan sayuran untuk direndam di dalam air, seperti mentimun, stroberi, mint, dan rempah-rempah lainnya, berbagai macam jeruk, apel, dan nanas.

Masukkan irisan buah dan sayur ke dalam air dan dinginkan selama beberapa jam

Anda dapat membuat satu pot kombinasi buah dan sayuran yang Anda suka, atau membuat kombinasi berbeda dalam porsi satu kali yang terpisah. Bereksperimenlah dan temukan campuran rasa yang paling Anda sukai

Cobalah diet teh hijau

Diet ini hanya mengharuskan Anda untuk minum 240 ml teh hijau empat kali sehari, saat bangun tidur dan setiap kali sebelum makan. Teh akan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh Anda dan membantu Anda merasa kenyang sebelum makan, sehingga mengurangi ukuran porsi Anda.

Cobalah diet jus

Ini adalah cara yang bagus dan mudah untuk menambahkan sayuran dan buah ke dalam makanan Anda. Cari juicer atau blender yang bisa menghaluskan makanan menjadi smoothie.

Anda dapat memilih untuk hanya minum jus buah selama waktu ini, atau mengganti satu atau dua porsi makanan Anda dengan smoothie yang sehat, terutama saat sarapan dan makan siang. Coba dan pertahankan diet ini selama satu minggu.

Dengan meminum air tawar dingin, maka bisa membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menghangatkan air. Dengan begitu, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan Anda akan turun. Belum lagi, air dingin juga lebih segar dibanding air biasa.

Demikian waktu atau jam minum air putih untuk menurunkan berat badan. Jadi pertanyaan apakah banyak minum air putih dapat menambah berat badan atau  apakah banyak minum air putih bikin gemuk atau kurus, sekarang sudah terjawab.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Menurunkan Berat Badan
Back To Top