Kebugaran Jasmani

Senam Aerobik Mengecilkan Perut dan Menurunkan Berat Badan


Untuk mengetahui gerakan senam aerobik mengecilkan perut dan menurunkan berat badan, Sobat bisa nyari sendiri di Youtube. Tentu akan lebih jelas dengan langsung menonton videonya daripada melihat gambar tutorialnya lewat blog walaupun lengkap.

Saya pun tidak akan ngasih tutorial tersebut, namun Saya hanya mau mebandingkan antara aerobik dengan zumba, mana yang lebih bagus dalam menurunkan berat badan.

Sebelum membahas perbandingan senam zumba dan aerobik, perlu Anda pahami dulu pengertian senam aerobik. Istilah "aerobik" berarti membutuhkan oksigen. Semua latihan aerobik akan merangsang jantung, peredaran darah, dan pernapasan.

Saat melakukan senam aerobik, jantung Anda semakin terlatih untuk menyalurkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh secara efektif. Inilah mengapa Anda bisa melakukan latihan aerobik dalam waktu lama tanpa cepat merasa lelah.

Contoh olahraga aerobik antara lain jalan kaki, bersepeda, jogging, lompat tali, dan berenang. Namun tahukah anda bahwa Zumba sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan senam aerobik dan termasuk dalam kelompok olahraga ini.

Zumba adalah program olahraga yang melibatkan berbagai gerakan tari. Umumnya olah raga ini dibawakan dengan iringan musik latin. Dalam olahraga ini terdapat variasi gerakan cepat dan lambat sesuai irama musik.

Bedanya, zumba juga melibatkan latihan kekuatan (resistance training). Berbeda dengan senam aerobik yang berfokus pada melatih jantung, latihan kekuatan dalam zumba bertujuan untuk menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

Latihan kekuatan berbeda dengan latihan aerobik karena melibatkan ledakan energi dalam gerakan tertentu. Semburan energi ini bisa Anda alami saat melakukan latihan seperti squat, sit-up, push-up, dan latihan dumbbell.

Senam Aerobik Mengecilkan Perut dan Menurunkan Berat Badan

(Gambar : hellosehat.com)


Perbedaan jumlah kalori yang terbakar

Menurut Hello Sehat, untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Zumba dan senam aerobik sama-sama bisa membakar kalori, tapi jumlah kalori yang dibakar tentu berbeda.

Rata-rata, zumba bisa membakar hingga 360-532 kalori per jam. Kisaran ini bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada berat badan. Semakin banyak Anda menimbang, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Zumba dan senam aerobik sering dibandingkan karena satu kategori olah raga. Untuk membandingkan kedua olahraga ini, Anda juga perlu mencermati jenis latihan aerobik lainnya. Sebagai gambaran, berikut ini beberapa jenis latihan aerobik beserta jumlah kalori yang dibakar:

  • Bersepeda statis: 520 kalori per jam
  • Mesin tangga (treadmill tangga): 450 kalori per jam
  • Renang gaya bebas: 450 kalori per jam
  • Jogging: 450 kalori per jam
  • Bola voli: 300 kalori per jam

Mana yang lebih efektif menurunkan berat badan?

Sekilas, olahraga zumba dan aerobik bisa membakar kalori dalam jumlah berbeda. Namun, Anda dapat membakar lebih banyak kalori dari zumba dengan lebih banyak bergerak, memperluas jangkauan lengan, dan melakukan berbagai gerakan lainnya.

Zumba menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga melatih otot-otot tubuh secara keseluruhan dengan cara yang menyenangkan. Meski demikian, olahraga aerobik juga memiliki kelebihan tersendiri.

Beberapa jenis latihan aerobik dikhususkan untuk melatih otot tertentu. Misalnya, bersepeda melatih otot kaki dan mendayung melatih otot lengan. Dengan melakukan senam aerobik, Anda dapat mengoptimalkan fungsi jantung dan otot tersebut.

Demikianlah bagaimana senam aerobik atau senam zumba bisa mengecilkan perut, paha dan lengan serta menurunkan berat badan. Jika dibutuhkan, silahkan download video senam aerobik untuk menurunkan berat badan cepat dari Youtube atau dari aplikasi di Playstore yang berisi kumpulan video senam aerobik khusus untuk menurunkan berat badan.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Menurunkan Berat Badan
Back To Top