Kebugaran Jasmani

Obat Sakit Tenggorokan Alami


Pulang nganter istri dan anak-anak belanja kemarin, tiba-tiba tenggorokan terasa sakit dan sampai hari ini, ketika Saya lagi nulis artikel tentang obat sakit tenggorokan ini, tenggorokan masih sakit juga bahkan ditambah lagi dengan kepala agak sedikit pusing sekarang, bersin terus kayak mau pilek, soalnya sudah mulai keluar lendir-lendir gitu. Saya coba pakai obat panas dalam yang diiklanin di tivi-tivi, yang katanya buat sakit tenggorokan. Habis dua sachet tapi belum menunjukkan perubahan, mungkin kurang kali ya.

Saya sendiri nggak tahu, apa penyebab utama dibalik sakit tenggorokan yang dialami oleh Saya ini. Apakah karena polusi udara kota yang kotor ataukah karena alergi makanan yang Saya santap kemarin. Mengingat Saya sering juga mengalami sakit tenggorokan ketika mengkonsumsi makanan tertentu yang berbentuk kuah yang menggunakan bumbu tertentu. Saya sih curiganya ke sana, soalnya di pagi hari, sebelum berangkat belanja, badan Saya cukup fit dan bugar.

Karena penasaran pingin tahu obat sakit tenggorokan, akhirnya Saya berjuang sendiri nyari info di internet, ngunjungi beberapa blog yang masuk jajaran 10 besar Google yang menyajikan informasi seputar obat sakit tenggorokan alami. Saya tinggal mempraktekannya saja dan lihat hasil perkembangannya.

Berikut ini, beberapa  info kesehatan seputar obat sakit tenggorokan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang berhasil Saya himpun dari berbagai sumber yang terpercaya.


Obat Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Lemon dan madu
Lemon sudah sering dipakai oleh banyak orang untuk mengobati sakit tenggorokan. Madu merupakan anti bakteri alami yang sangat baik dalam membantu pengobatan. Jika kita menggabungkannya menjadi sebuah ramuan, maka akan menghasilkan kekuatan yang dahsyat dalam mengobati sakit tenggorokan. Caranya, kita bisa ambil perasan jeruk lemon secukupnya dan madu secukupnya disimpan di dalam gelas ditambah air hangat-hangat. Namun sayangnya, karena Saya punya penyakit maag, kayaknya untuk meminum ramuan ini, sebelumnya si perut harus terisi dahulu.

Lemon dan garam
Kalau kebetulan di rumah hanya ada lemon tapi tidak ada madu, ya sudah pakai garam sebagai gantinya. Caranya, sediakan lemon 1 buah untuk diambil perasan airnya, masukan dalam gelas. Tambahkan setengah sendok teh garam dapur dan air hangat secukupnya sampai penuh 1 gelas, lalu diminum sehari sekali sampai sembuh.

Garam
Nah, kalau kebetulan juga di rumah nggak punya lemon, pakai garam saja. Masa di rumah nggak ada garam. Caranya, sediakan satu gelas air hangat lalu masukkan satu sendok teh garam dapur lalu diaduk sampai rata. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur sampai mengenai tenggorokan, lakukan 3 kali sehari selama setengah menit atau semenit per kumuran.

Air jahe
Jahe juga sudah dikenal sebagai obat sakit tenggorokan. Jahe dikenal sebagai bahan anti inflamasi yang bisa membunuh bakteri disamping bisa menghilangkan racun dalam tubuh dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Caranya, irislah beberapa ruas jahe, lalu dimemar-memar, selanjutnya masukan ke dalam air panas, bisa juga air teh panas. Biarkan sebentar sekita 2 menitan agar kandungan obat dari jahe pindah ke air.  Setelah itu, silahkan diminum anget-anget. Kayaknya, Saya mau milih ramuan ini deh.

Bawang putih
Bawang putih dikenal dengan kandungan allicin-nya yang merupakan zat pembunuh bakteri. Caranya mudah banget, yakni kunyahlah bawang putih mentah yang sudah dicuci tentunya, lalu simpan ditenggorokan beberapa menit saja, lalu muntahkan atau kalau seneng dimakan juga boleh. Walaupun caranya mudah, tapi Saya nggak mau memilih cara ini.

Buah belimbing
Nah kalau dengan buah yang satu ini Saya yakin semuanya doyan. Belimbing bisa mengobati sakit tenggorokan karena adanya senyawa anti radang. Caranya cukup dimakan langsung saja atau dibuat jus tapi jangan pakai gula, nanti keenakan.

Daun kemangi
Selain dipakai untuk pelengkap dalam pepes ikan mas, daun kemangi juga bisa dipakai sebagai obat sakit tenggorokan. Caranya, rebuslah daun kemangi secukupnya, lalu minumlah air rebusan tersebut atau kalau nggak mau diminum, kumur-kumurlah pakai air rebusan tersebut dengan syarat airnya mengenai tenggorokan.

Banyak minum air aki putih
Dengan banyak minum, maka selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitanya akan selalu lembab, dan ini akan membantu dalam mengusir bakteri atau irritan disamping juga meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, jangan coba-coba meminum air putih yang sudah didinginkan, karena kondisi dingin bisa memperparah sakit tenggorokan.

Sup ayam
Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi sop ayam, karena kandungan unsur natrium di dalam sup ayam dipercaya bisa mengobati sakit tenggorokan. Senyawa ini berfungsi sebagai anti inflamasi dan makanan ini cocok buat penderita sakit tenggorokan karena sangat lunak sehingga tidak menyakiti radang.

Itulah informasi seputar obat sakit tenggorokan alami yang mungkin bisa bermanfaat buat sobat semua. Selamat mencoba.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Obat
Back To Top