7 Cara Menghilangkan Trypophobia

Setelah sobat mengetahui penyebab penyakit trypophobia, kali ini Saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menghilangkan trypophobia. Siap ?

Untuk menghilangkan trypophobia, tidak bisa sekaligus sembuh hanya dengan satu kali pengobatan. Tapi harus dengan tekun, sabar dan dilakukan secara bertahap mengingat kita akan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jiwa kita.

Ada beberapa cara atau metode yang bisa kita lakukan dalam rangka melakukan pengobatan penyakit trypophobia. Cara-cara tersebut adalah :

Hipnoterapi

Yang dimaksud hipnoterapi adalah proses penyembuhan fobia dengan cara memberikan sugesti kepada penderita supaya berkurang rasa takutnya terhadap lubang-lubang kecil pada permukaan. Ada juga yang mendefinisikan dengan meghilangkan rasa takutnya dengan cara hipnotis atau menghilangkan rasa takut tersebut dari alam bawah sadarnya.

Desentiasi sistematis

Desentiasi sistematis adalah proses penyembuhan fobia dengan cara  membuat rileks si penderita agar bisa membayangkan suasana yang nyaman dan indah. Selanjutnya diperlihatkan gambar lubang-lubang pada tubuh manusia kepada si penderita.

Abreaksi

Abreaksi adalah proses penyembuhan fobia dengan cara pendekatan tertentu. Misalnya, foto lubang-lubang pada tubuh manusia diperlihatkan dari kejauhan. Selanjutnya jika sudah terbiasa, sedikit demi sedikit gambar tersebut didekatkan sampai si penderita berani melihat dengan jarak yang sangat dekat.

Flooding

Flooding adalah cara menghilangkan trypophobia dengan menempatkan si penderita bersama dengan gambar lubang-lubang di tubuh manusia sehingga dia tidak ada lagi rasa takut terhadapnya. Tetapi metode ini cukup berbahaya karena bisa membuat si penderita pingsan atau muntah-muntah pada awal pengobatan.

Reframing

Reframing adalah cara menghilangkan rasa takut terhadap lubang-lubang dengan membayangkan masa lalu, lalu ia menceritakan hal tersebut kepada yang mengobati bagaimana awalnya ia mengalami fobia.

Obat-obatan

Caranya dengan menggunkan obat-obatan, namun metode ini sangat tidak dianjurkan. Mengapa ?Karena jika pemakaian obatnya jangka panjang, maka bisa menyebabkan efek samping lainnya. Tapi seandainya terpaksa harus minum obat, maka kita dapat meminum obat antidepresan, beta-blocker dan obat sejenisnya.

Terapi seft 

Terapi seft ini caranya hampir sama dengan hipnoterapi yakni memberikan sugesti positif untuk pasien yang sedang mengalami phobia tersebut.




Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa terapi untuk menghilangkan penyakit tersebut bisa kita bagi menjadi 2 yakni terapi perilaku dan terapi kognitif.

Yang dimaksud terapi perilaku adalah menjalani terapi agar seorang individu bisa berubah dan mampu mengontrol perilaku yang tidak diinginkan.

Sedangkan terapi kognitif bertujuan untuk mengubah pola berpikir ketakutan yang tidak produktif. Penderita harus meneliti perasaan mereka kembali dan harus berusaha untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak.

Namun ada tambahan, karena ada metode pencampuran antara terapi perilaku dan terapi kognitif yang dikenal dengan terapi Cognitive Behaviour.

Itulah 7 cara dalam mengatasi penyakit trypophobia yang harus sobat pahami dan segera praktekkan jika ada diantara kita yang punya gejala terkena penyakit trypophobia.


Tag : Trypophobia
Back To Top