Kebugaran Jasmani

Terapi Chiropractic Untuk Skoliosis


Sebelum membahas tentang terapi chiropractic untuk skoliosis, kita sebaiknya tahu dulu apa itu skoliosis. Berdasarkan sumber dari laman amazine.co, skoliosis adalah kurva abnormal dari tulang belakang yang kondisinya terlihat seperti huruf C atau S sehingga mengakibatkan cacat terlihat atau tidak terlihat.

Untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini :


Terapi Chiropractic Untuk Skoliosis

Gambaran penderita skoliosis


Penyebab dari skoliosis belum diketahui secara pasti dan umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Namun demikian, kelainan ini tentu bisa disembuhkan dengan beberapa terapi sebelum melakukan tindakan operasi.

Terapi yang sekarang dipakai adalah terapi Pilates, terapi Alexander dan terapi chiropractic. Menurut sebagian terapist, terapi chiropractic merupakan terapi paling efektif saat ini karena sangat cepat memulihkan kembali menuju keadaan normal. Namun sebagian lain menyatakan bahwa terapi chiropractic sama sekali tidak menyembuhkan penderita skoliosis.

Menurut situs kliniktulangbelakang.com, chiropractic merupakan bentuk terapi koreksi tulang dengan menggunakan tangan atau alat khusus yang berfokus pada hubungan antara struktur dan fungsi, khususnya pada tulang belakang. Dokter ahli chiropractic melakukan manipulasi terhadap sistem muskuloskeletal untuk mengurangi rasa sakit dan mendorong tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Lebih khususnya lagi menurut laman citralife.com, chiropractic ini merupakan metode terapi yang memfokuskan pada pengkoreksian tulang belakang, otot, dan persendian saraf. Koreksi yang dimaksud adalah membantu pergerakan sendi tulang belakang menjadi lebih optimal sehingga menghilangkan iritasi pada susunan saraf pusat yang terletak di tulang belakang.

Lalu bagaimana caranya jika seorang penderita ingin melakukan terapi ini ? Mau tidak mau kita harus menemui dokter di bidangnya. Jangan takut, terapi ini tidak meminum obat tertentu, kita hanya dibimbing untuk melakukan gerakan atau olahraga ringan tertentu tanpa menimbulkan rasa sakit.

Lama dan cara terapi, berbeda tiap penderita tergantung tingkat keparahan skoliosis yang dideritanya. Pengecekan atau maintenance terhadap ahlinya pun mesti dilakukan maksimal 6 bulan sekali, untuk mengetahui kepastian apakah tulang sudah pada posisi benar atau bergeser lagi.

Sumber terapi chiropractic untuk skoliosis:
http://www.amazine.co/1463/tips-chiropractic-chiropractic-untuk-penderita-skoliosis/
http://www.kliniktulangbelakang.com/services/chiropractic/
http://citralife.com/chiropractic-koreksi-tulang-tanpa-rasa-sakit



============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kesehatan Tulang
Back To Top