Kebugaran Jasmani

Ciplukan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Apakah sobat sudah tahu tumbuhan ciplukan ? Kalau di daerah Saya namanya "cecendet", buahnya cukup manis jika warnanya sudah menguning dan biasanya tumbuh subur tanpa ditanam, jadi memang tumbuh secara liar.

Sedikit sekali orang mengkonsumsi tumbuhan ini karena dianggap tumbuhan liar biasa yang tanpa memiliki manfaat, padahal ciplukan mempunyai 1001 macam manfaat bagi kesehatan dalam mengobati berbagai penyakit.

Kalau sobat belum tahu, ini dia gambar tanaman ciplukan tersebut.


Ciplukan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Berdasarkan penelitian, karena kandungan zat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan, maka banyak produsen obat yang mengolahnya dalam bentuk kapsul atau teh agar lebih praktis dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan jika mengkonsumsi tanaman atau buah ciplukan.
  • Untuk mengobati darah tinggi, caranya rebuslah 5 gram ciplukan yang sudah dikeringkan dengan 110 mililiter air selama 10 menit sambil diaduk. Lalu saring dan ambil airnya serta biarkan sampai dingin. Minumlah setiap pagi dan sore secara rutin sebanyak 100 ml.
  • Untuk mengobati diabetes, caranya sama dengan cara di atas, hanya jumlah ciplukan keringnya 100 gram dan air 400 ml.
  • Untuk mengobati gusi berdarah dan sariawan, caranya makanlah 30 buah ciplukan sehari karena mengandung vitamin C yang tinggi.
  • Untuk mengobati sakit paru, caranya rebuslah tanaman ciplukan baik akar, daun, batang dan buahnya pada 3-5 liter air lalu minum 3 kali sehari masing-masing segelas.
  • Untuk mengobati ayan, caranya makan 10 buahnya yang sudah matang setiap hari.
  • Untuk mengobati flu, batuk rejan, bronchitis, sakit tenggorokan, gondongan dan prostat bengkak, caranya rebus 15 gram tanaman ciplukan seluruhnya sampai mendidih lalu minum 2 atau 3 kali sehari.
  • Untuk mengobati rheumatik, caranya rebuslah 10 gram buah ciplukan kering dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.
  • Untuk mengobati bisul, caranya giling halus setengah genggam daun ciplukan lalu turapkan pada bisul sambil dibalut. Ganti dua kali sehari sampai sembuh.
Nah, kalau sobat kebetulan ada di daerah perkebunan atau persawahan seperti Saya, coba deh manfaatkan tanaman ciplukan tersebut buat kesehatan sobat.

Sumber ciplukan dan manfaatnya :
http://ciplukan.com/
http://www.tipscaramanfaat.com/khasiat-manfaat-tanaman-ciplukan-371.html

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Manfaat
Back To Top