Kebugaran Jasmani

Manfaat Folavit Untuk Ibu Hamil


Sebelum Saya bahas tentang manfaat folavit untuk ibu hamil, mungkin sebagian sobat ada yangbertanya, apa itu folavit ? Folavit adalah nama merk dari sejenis suplemen yang mengandung nutrisi asam folat tinggi yakni sekitar 400 mikrogram untuk mendukung kesehatan tubuh.

Manfaatnya ternyata banyak bagi tubuh manusia baik pria maupun wanita terutama bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh bagi wanita hamil ?

Memenuhi kebutuhan asam folat janin
Folavit merupakan suplemen yang bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat si bayi selain makanan.

Meningkatkan pertumbuhan sel
Asam folat adalah vitamin B yang diperlukan tubuh untuk membuat bahan genetik sel (DNA), jadi bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh bayi.

Menghindari cacat janin
Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dengan kadar 400-600 mcg per hari terutama pada 12 minggu pertama Tujuannya agar bayi yang dikandungnya terhindar dari cacat otak, cacat jantung dan cacat tulang belakang. Dalam sebuah survey dinyatakan jika ibu hamil tidak mengkonsumsi asam folat secara teratur maka resiko untuk memiliki bayi lahir cacat ada sebesar 6%.


Manfaat Folavit Untuk Ibu Hamil


Menambah sel darah merah
Biasanya ibu hamil selalu mengalami lesu dan cepat lelah atau mengalami kurang darah. Hal ini karena asupan makanannya terbagi dua, yakni buat dirinya dan buat si janin. Untuk itu disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat karena asam folat berperan dalam membantu produksi sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Namun demikian, setiap ibu hamil harus selalu berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya, karena bagaimanapun yang namanya obat kimia pasti ada efek samping. Harus diketahui juga bahwa obat ini jangan dikonsumsi wanita hamil jika punya alergi obat, punya tumor tertentu, menyebabkan sakit kepala atau mual parah dan lainnya.

Dosis Folavit yang dianjurkan untuk program ibu hamil menurut kemasan adalah : 400-500 mcg/hari. Defisiensi asam folat :
Awal : 0,25-1 mg/hari.
Dosis pemeliharaan : 0,25 mg/hari (ibu hamil dan menyusui :0,8 mg/hari).
Untuk suplemen diet pada ibu hamil : 0,1-1 mg/hari.
Untuk kondisi dimana kebutuhan asam folat meningkat : 0,5-1 mg/hari.

Itulah sedikit gambaran tentang manfaat folavit untuk ibu hamil yang bisa Saya jelaskan ala kadarnya.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Obat
Back To Top