Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga

Di daerah tropis dan subtropis di wilayah Amerika Selatan dan Asia, buah naga berkembang dan tumbuh subur. Sesuai namanya, kulit luar buah naga itu seperti kaktus, menyerupai sisik ular naga yang seperti di mitos. Dianggap sebagai tanaman kaktus, warna kulitnya yang hijau dan merah menunjukkan bahwa buah ini penuh dengan nutrisi, sedangkan dagingnya yang berwarna putih krem dan dengan biji hitam terlihat menunjukkan banyaknya kandungan unsur alami yang bermanfaat. Sungguh, manfaat mengkonsumsi buah naga ini akan kita dapatkan karena buah ini mengandung 60 kalori yang diperkaya dengan vitamin C, B1, B2 dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor sehingga jelas buah naga bisa dianggap sebagai  "buah super".

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi buah naga.yang Saya ambil dari laman Lifehack dan Medical Daily.

Menjaga berat badan
Buah naga memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah, yang pada akhirnya buah ini sangat sempurna untuk menjaga berat badan serta menurunkan berat badan tubuh dengan cepat.

Menyehatkan jantung
Buah ini memiliki nutrisi yang superpower dan menakjubkan karena membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol yang baik. Buah naga juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal sehingga membantu kesehatan jantung.

Menyehatkan pencernaan
Mengkonsumsi buah naga sangat bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan Anda. Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu gangguan pencernaan dan sembelit.

Melawan radikal bebas
Untuk membersihkan tubuh dari berbagai macam radikal bebas dan kanker, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan. Dan buah naga adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan yang tinggi.

Mencegah kanker
Selain vitamin C, buah naga juga mengandung karoten, yang terkait dengan anti-karsinogenik, termasuk mengurangi jumlah tumor. Selain itu, likopen, yang bertanggung jawab terhadap timbulnya warna merah pada buah naga, telah terbukti menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa asupan likopen kurang dari 2.498 mcg/hari bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Sedangkan asupan buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya akan likopen disertai dengan aktifitas fisik (olahraga), bisa secara signifikan mengurangi risiko kanker.


Selain itu, kulit buah naga juga mengandung polifenol, yang merupakan bahan kimia yang sering ditemukan di alam dan bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen dan mungkin juga mengubah perilaku estrogen dan hormon lain dan ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa ini dapat melindungi dari beberapa jenis kanker."


Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga


Menanggulangi diabetes
Tingginya jumlah serat dalam buah naga dapat membantu gangguan diabetes, karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan cara menekan lonjakan kadar gula. Sebaiknya lakukan perubahan pola makan serta selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa buah naga adalah makanan yang baik untuk Anda.

Mengurangi tanda penuaan
Mengkonsumsi buah naga yang kaya dengan antioksidan, dapat menjaga kulit tetap kenceng dan muda. Anda bahkan dapat membuat masker wajah dengan menggunakan buah naga yang dikombinasikan dengan madu sebagai masker alternatif untuk anti penuaan.

Menekan penyakit arthritis
Arthritis secara langsung bisa mempengaruhi sendi dan menyebabkan iritasi yang parah. Menambahkan buah naga untuk menu sehari-sehari dapat membantu Anda melawan penyakit ini. Manfaat buah naga untuk orang yang menderita arthritis begitu besar sehingga buah naga juga sering disebut sebagai "buah anti inflamasi."

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi yang ditemukan dalam buah naga dapat memberikan sistem kekebalan tubuh serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan vitamin C, mineral, dan pitoalbumin juga berperan dalam memerangi radikal bebas dan bersifat antioksidan seperti yang telah Saya sebutkan di atas.

Itulah info kesehatan terbaru tentang apa saja manfaat mengkonsumsi buah naga yang bisa Saya sampaikan. Semoga bermanfaat buat Anda kabeh.

Tag : Buah
Back To Top