Kebugaran Jasmani

Sebutkan Macam Macam Latihan Ketahanan


Macam macam latihan ketahanan itu ada 4 yaitu :
- ketahanan otot tangan, contohnya push-up, pull up, handstand
- ketahanan otot kaki, contohnya naik turun bangku
- ketahanan otot perut contohnya situ-up
- ketahanan otot pinggang, contohnya back-up

Bebertapa latihan yang dapat dilakukan untuk latihan ketahanan adalah:

Latihan aerobic
Latihan aerobik merupakan melakukan semacam olahraga berlari atau berenang yang mengakibatkan paru-paru dan jantung bekerja lebih keras untuk memasok otot dengan oksigen. Latihan aerobik harus ditentukan lamanya, misanya selama 12 menit. Selama 12 menit itu harus berusaha meraih jarak sejauh mungkin. Dalam proses latihan dari hari ke hari harus menempuh jarak yang semakin jauh. Cara ini ditujukan guna memperhebat ketahanan tubuh dalam mengerjakan berbagai kegiatan aerobik atau berlari. Jika setiap latihan ada peningkatan jarak berarti ada daya tahan yang meningkat.

Latihan lari lintas alam 
Latihan lari lintas alam (cross-run) sangat efektif untuk memperkuat latihan ketahanan. Larian lintas alam bisa menjadi variasi dari latihan ketahanan lainnya. Lintas alam yang melintasi bukit, desa, jalan umum, bisa menciptakan suasana baru. Jadi latihannya sepertinya tidak monoton.

Lari fartlek
Lari fartlek merupakan lari dengan berbagai variasi. Lari fartlek dilakukan di tempat terbuka, melewati sungai, jalan sawah, dan lari di perbukitan. Dalam menjalankannya, pelari dapat mengatur kecepatan lari mereka sendiri sesuai keinginan selama latihan. Kecepatan disesuaikan dengan kemampuan atlit. Misalnya atlet berlari dengan kecepatan sedang di jarak 100 meter, lalu diselingi dengan sprint 50 meter. Lari ini dapat dilakukan dengan menempuh jarak 1,5 km sampai 3 km.

Lari Interval training
Lari interval training adalah semacam bentuk latihan ketahanan dengan melakukan olah raga dengan jarak tertentu dengan waktu tertentu diselingi dengan waktu jeda yang singkat. Misalnya atlet yang berlatih dengan latihan interval, ia berlari sejauh 800 meter dengan waktu 3 menit, kemudian beristirahat selama 3 menit. Kemudian lari lagi sejauh 800 meter selama 3-4 menit. Latihan ini bisa dilakukan 3-5 trip.

Latihan ketahanan harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus. Selama pelatihan atlet sudah bisa merasakan peningkatan daya tahan tubuh. Misalnya, selama latihan pertama lari sejauh 1500 meter ditempuh selama 13 menit. Setelah latihan ketiga hanya ditempuh selama 9 menit tanpa istirahat. Dari waktu yang lebih pendek yang dihabiskan untuk menjalankan jarak atlet 1500 meter sudah bisa merasakan peningkatan daya tahan tubuh.


Sumber :
http://www.olahragakesehatanjasmani.com/2015/03/latihan-daya-tahan-tubuh.html

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : latihan ketahanan
Back To Top