Kebugaran Jasmani

Bahaya Masker Jahe



Disamping manfaat yang diperoleh dari masker jahe, ternyata ada juga bahaya masker jahe yang harus diwaspadai oleh Anda para penggemar masker. Apa saja ? Berikut ini Saya bagikan informasi ini yang Saya sadur dari blog Klinik Kecantikan.

Menyebabkan iritasi pada kulit
Menurut sebuah penelitian, jika seseorang memiliki alergi terhadap jahe, maka gejalanya dapat dilihat dengan timbulnya kemerahan, ruam dan peradangan kuli. Selain itu, menerapkan jahe sebagai masker untuk wajah juga dapat membuat mata gatal dan iritasi pada kulit wajah. Iritasi ini juga bisa terjadi karena dosis jahe berlebihan yang diterapkan pada wajah dan akhirnya kulit akan teriritasi.

Kulit terasa seperti terbakar
Jahe dikenal karena mempunyai manfaat sebagai detoksifikasi yang dapat mengeluarkan banyak keringat dari tubuh sehingga pengendapan di dalam tubuh bisa terhindar dan juga kulit menjadi lebih sehat. Namun, ketika dioleskan ke area wajah sebagai masker, efek samping yang ditimbulkan adalah sensasi terbakar di kulit yang terjadi akibat rasa panas alami dari jahe. Hal ini akan menjadi lebih buruk bagi pemilik kulit sensitif.

Memar akan muncul
Memakai dan mengkonsumsi terlalu banyak jahe sebagai masker juga bisa berakibat buruk bagi kulit yang lebih rentan menyebabkan memar. Insiden memar ini juga terkait dengan masalah perdarahan di tubuh. Memar dapat masuk ke dalam kelas penyakit ringan yang akan terjadi ketika terlalu banyak memakai jahe dengan kadar terlalu berlebih.

Menyebabkan iritasi di sekitar mulut
Menggunakan jahe dalam sehari tidak boleh lebih dari 5 gram dan jika lebih dari 5 gram yang termasuk dalam dosis tinggi, maka akan meningkatkan risiko efek samping yang buruk dari jahe. Iritasi yang terjadi karena jahe tidak hanya dapat terjadi pada wajah dan tubuh, tetapi juga terjadi di sekitar area mulut. Sifat jahe yang panas dan pedas tidak selalu cocok untuk semua orang, jadi ketika dioleskan ke wajah, hal ini bisa mengiritasi area di sekitar mulut.

Pendarahan
Perdarahan juga merupakan efek samping dari jahe mekipun kasusnya jarang terjadi. Memakai jahe terlalu berlebihan dan dilakukan dalam jangka waktu lama, dapat membuat kulit jadi mudah berdarah, terutama di area wajah dan bibir, dimana kulit di kedua area tersebut terbilang lembut dan tipis serta juga menjadi penyebab pengelupasan kulit di sekitarnya.Di dalam jahe, ada banyak enzim yang terkandung sehingga bila dioleskan ke wajah terlalu lama akan membuat kulit lebih rawan dan kering sehingga terjadi perdarahan.

Kulit bersisik
Efek panas yang dihasilkan dari jahe tidak hanya berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi. Namun memakai masker jahe untuk wajah dalam waktu lama dan dilakukan terlalu sering, dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering kemudian bersisik sehingga menyebabkan wajah kusam.

Nah, melihat paparan di atas tentunya Anda nggak mau deh kalau wajah Anda yang asalnya kinclong berubah menjadi hitam gara-gara memakai masker jahe tanpa konsultasi dulu dengan ahli kulit, sebab mungkin saja kulit Anda tidak cocok dengan kandungan jahe walaupun memang alami.

Itulah yang bisa Saya sampaikan tentang efek samping atau bahaya masker jahe, nantikan pula artikel lainnya tentang :
- review masker jahe
- masker jahe dan cuka
- cara membuat masker jahe
- cara membuat masker jahe untuk memutihkan wajah
- masker jahe madu
- cara membuat masker jahe untuk jerawat
- manfaat jahe cuka dan madu untuk wajah
- kulit wajah putih dalam 3 hari dengan jahe


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : bahaya masker, masker jahe
Back To Top