Kebugaran Jasmani

Cara Menghindari Perut Buncit atau Kembung


Info Kesehatan - Perut buncit atau kembung bisa mengundang berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Mengurangi asupan garam dan memperbanyak makanan yang kaya akan serat kalium dapat membantu dalam memperoleh perut yang rata.

Dalam sebuah buku baru karya Robynne Chutkan, seorang gastroenterologist dan pendiri Digestive Centre for Women di Washington DC, menunjukkan bahwa perempuan memiliki kecenderungan lebih buncit dari laki-laki karena mereka memiliki usus yang lebih panjang.

Chutkan mengatakan bahwa ada perbedaan besar antara saluran pencernaan laki-laki dan perempuan. Jadi, untuk mengecilkan ukuran perut, beberapa tindakan pencegahan harus diambil.


tips perut kembung/buncit


Kurangi garam 
Terlalu banyak garam dalam makanan berkontribusi dalam menimbulkan  edema dan buncit. Kita direkomendasikan mengkonsumsi 1.500 mg asupan garam sehari. Jadi sebaiknya jangan meletakkan garam di atas meja untuk menambah makan malam Anda dan membatasi jumlah garam ketika memasak. Menghindari makanan siap saji adalah suatu keharusan karena makanan ini biasanya sarat dengan garam untuk menambah rasa.

Makan lebih banyak serat
Makan kombinasi serat larut dan tidak larut adalah cara yang efektif untuk tetap fit dan terhindar dari perasaan kembung yang datang dengan sembelit. Makanan yang kaya serat diantaranya jeruk, jamur, raspberry, brokoli dan kubis.

Konsumsi makanan kaya kalium
Sodium dalam garam membuat tubuh menahan air, kalium membantu untuk menyingkirkan kelebihan air. Mengonsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang dan ubi jalar dapat membantu meminimalkan pinggang tengah Anda. Tapi pastikan untuk selalu olah raga karena makanan seperti  ini dapat menggemukan juga.

Banyak minum 
Minum air yang cukup bisa memastikan bahwa serat dapat melakukan tugasnya untuk meringankan sembelit. Tidak minum cukup air  dapat memperburuk kadar sodium dan  potasium.

Hindari stres pencernaan
Jauhi makanan yang sulit dicerna seperti gula atau makanan berlemak. Berfokus pada makanan sederhana seperti sayuran kukus untuk membantu sistem pencernaan.

Hindari pemanis buatan  
Pemanis buatan tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Bakteri dalam usus besar cenderung memfermentasi mereka, menyebabkan timbulnya gas dan kembung dalam perut. Selalu periksa label makanan untuk menghindari sorbitol , mannitol , xylitol dan lacitol.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Diet
Back To Top