Kebugaran Jasmani

Agar Otak Lebih Lama Dalam Mengingat Sesuatu


Meningkatkan memori Anda kayaknya lebih mudah diucapkan daripada dipraktekkan. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa ingatan kita sebagai sesuatu yang statis dan tidak bisa berubah. Padahal tidak,  Anda dapat meningkatkan memori Anda seperti  Anda dapat meningkatkan skill matematika atau keterampilan berbahasa asing.

Sebuah memori yang kuat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan memori dan performa mental. Berikut ini adalah beberapa trik berlatih untuk meningkatkan kemampuan memori.


Otak lama mengingat


Bermain game otak 
Permainan teka-teki seperti Sudoku, teka-teki silang dan catur dapat meningkatkan memori dan menunda penurunan otak. Berikanlah waktu walau hanya 5 menit saja untuk memainkan permainan tersebut dan hasilnya Anda dapat meningkatkan kinerja otak Anda sebesar  6 persen. Permainan ini merupakan latihan otak Anda dan menjaganya agar tetap aktif untuk waktu yang cukup lama, yang pada gilirannya membantu untuk meningkatkan kekuatan otak untuk menghafal sesuatu.

Mengingat sesuatu dengan visualisasi dan asosiasi 
Seperti kata pepatah, sebuah gambar bernilai seribu kata/makna, sehingga mengubah daftar kata-kata acak menjadi gambar dapat membantu Anda mengingat kata-kata tersebut dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan visualisasi untuk mengingat daftar seluruh hal jika Anda mengasosiasikan gambar-gambar tersebut. Katakan bahwa Anda harus ingat untuk mengambil hal-hal berikut untuk ujian : 2 pensil, kalkulator, kartu ID dan makanan ringan untuk istirahat. Anda dapat membuat visualisasi yang menghubungkan semua gambar bersama-sama dalam sebuah cerita sederhana atau cerita lucu.

Fokus pada satu hal
Begitu banyak orang yang terjebak dalam melakukan banyak hal sekaligus, sehingga mana mereka sering gagal untuk mendapatkan kesuksesan. Satu hal yang akan selalu meningkatkan memori Anda adalah fokus memperhatikan satu hal saja. Hal ini penting, karena otak Anda membutuhkan waktu untuk mengkodekan informasi dengan benar. Jika kode informasi itu tidak pernah masuk ke dalam memori Anda, maka Anda tidak akan mampu mengingat informasi tadi. Jadi, jika Anda ingin mengingat sesuatu hal, berhentilah melakukan banyak hal. Contoh, Anda besok harus berpidato dan bernyanyi di depan umum. Kebetulan kedua teks dari kegiatan tersebut belum bisa dihafal Anda. Jika Anda melakukan hafalan tersebut sekaligus, kemungkinan hafalan Anda tidak akan sempurna, namun jika Anda fokus menghafal teks satu persatu, maka hasilnya akan lebih baik.

Tidur minimal 8 jam
Selama tidur nyenyak selama delapan jam atau lebih, Anda harus  percaya bahwa pada saat itu otak menggeser kenangan dari sementara untuk penyimpanan jangka panjang. Namun menurut Centers for Disease Control and Prevention, sepertiga dari kita ternyata mendapatkan waktu tidur kurang dari tujuh jam setiap malam. Bila Anda kurang tidur, otak Anda tidak dapat beroperasi dengan kapasitas penuh. Kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis sangat dipengaruhi oleh lamanya otak beristirahat. Apakah Anda seorang siswa yang sedang belajar, atau karyawan yang sedang bekerja, atau mencoba untuk mengubah nasib demi tuntutan hidup, maka kurang tidur adalah resep untuk memanggil bencana.

Pelajari sesutu dalam potongan yang lebih kecil 
Mungkin Anda tidak memiliki masalah dalam mengingat daftar belanjaan Anda atau nama dan wajah seseorang, tetapi Anda berulang kali tersandung lupa akan nomor PIN Anda, Nomor Jaminan Sosial atau nomor telepon. Dengan memecah angka/huruf yang akan diingat menjadi beberapa bagian kecil, maka ini bisa dipakai metode memori  Anda dalam mengingat sesuatu. Dengan menempatkan sejumlah besar informasi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, maka akan mudah dikelola sehingga Anda lebih gampang untuk mengingat. 

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kesehatan Otak
Back To Top