Kebugaran Jasmani

Manfaat Tertawa Pada Kesehatan


Banyak yang mengatakan kalau tertawa itu adalah obat terbaik. Sebuah tertawa lebar memiliki manfaat kesehatan yang lebih daripada yang kita bayangkan. Tertawa akan melemaskan sejumlah otot-otot dalam tubuh kita mulai dari mata, rahang dan otot-otot jantung.


manfaat tertawa


Dr Rajendra Narayan Sharma, seorang konsultan pengobatan umum dan ahli endokrinologi, memberikan penjelasan tentang manfaat tertawa. "Sebuah proses tertawa akan menciptakan efek anti stres yang kuat pada tubuh  dan pikiran kita yang berlangsung selama 30-45 menit. Hal ini juga menyebabkan santainya  otak dan sistem saraf yang diikuti dengan pelepasan hormon antidepresan dan anti stres seperti kortisol dan endorfin."

"Tertawa juga dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, dengan menyebabkan pelepasan sel T dan sel-sel pembunuh. Studi juga sedang dilakukan untuk membuktikan bahwa unsur yang  meningkatkan kekebalan tubuh lewat tawa ini, apakah dapat membantu dalam pengobatan kanker atau tidak."

"Selain efek yang disebutkan di atas, tertawa juga dapat membantu dalam mengurangi gaya hidup yang disebabkan karena depresi. Bahkan dewasa ini, banyak muncul perusahaan yang membentuk klub dan kelas tertawa untuk menangani ketegangan dan stres di tempat kerja."

"Tertawa juga dapat membantu dalam pengobatan diabetes dan tekanan darah. Obat reguler yang ditambah dengan  terapi tawa sering menunjukkan hasil yang lebih baik."

Dr Shilpa Apte, seorang konsultan dokter kandungan di Apollo Cradle, berbagi pandangannya tentang efek tawa pada kesejahteraan anak dan ibu. "Untuk ibu hamil, sebuah kerangka berpikir positif adalah sebuah kebutuhan. Sebuah tertawa lebar dapat menyebabkan hal-hal positif yang dibutuhkan oleh dirinya namun bermanfaat bagi dirinya dan anaknya. Semakin sedikit waktu stres yang dialami si ibu, semakin baik pula untuk pertumbuhan dari bayi dalam rahimnya. Pertumbuhan janin menjadi kurang baik  terlihat lebih umum pada wanita yang mengalami stres saat kehamilan."

Akhirnya, agar Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari tertawa, luangkanlah waktu selama kehamilan Anda untuk menonton film komedi dan acara-acara komedi lainnya. Habiskanlah malam yang tenang atau sore sambil menonton film yang membuat Anda tertawa. Carilah hal-hal lucu yang secara alami terjadi di sekitar Anda.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kesehatan Tubuh
Back To Top