Kebugaran Jasmani

8 Bahan Alami Yang Benar Benar Memutihkan Kulit


Kulit adalah organ terbesar dari tubuh dan bertindak sebagai garis pertama pertahanan dalam memerangi infeksi dan penyakit. Oleh karena itu penting untuk mengobati masalah pigmentasi kulit dengan hati-hati, untuk mencegah kerusakan lapisan kulit dan menghindari masalah lebih buruk.

Bahan tradisional sintetis seperti hydroquinine dan merkuri telah menjadi bahan utama yang digunakan dalam produk pemutih kulit. Keduanya mencerahkan kulit secara efektif yang bekerja dengan menghambat produksi melanin (pigmen kulit gelap) dalam jangka pendek. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam jangka panjang bahan-bahan ini dapat menjadi racun dan jika digunakan untuk waktu yang lama maka benar-benar justru bekerja sebaliknya, dengan bereaksi dengan sinar UV matahari maka bahan itu bisa menyebabkan peningkatan pigmentasi dan penuaan dini.

Untungnya ilmu pengetahuan telah menemukan sejumlah bahan pemutih alami yang cukup efektif untuk mencerahkan kulit, tanpa efek samping yang berbahaya. Bahan-bahan ini dapat membantu Anda untuk mencapai kulit lebih putih dalam dua cara yakni :
  • Dengan menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari
  • Dengan menghambat produksi melanin dalam kulit yang menyebabkan pigmentasi gelap

Bahan Alami Yang Benar Benar Memutihkan Kulit


8 Bahan alami untuk memutihkan kulit

Ekstrak Citrus 
Lemon dan kulit jeruk adalah yang pemutih kulit alami  yang dapat ditemukan di banyak resep pencerah kulit. Vitamin C memainkan peran penting dalam memproduksi serat kolagen yang membantu untuk mendukung kulit Anda dan tetap tegas. Ketika dioleskan, dalam bentuk ascorbyl, Vitamin C berfungsi untuk memperlambat melanosit hiperaktif. Ini adalah sel-sel yang memproduksi melanin di lapisan basal kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Asam Kojic

Adalah bubuk kristal putih yang berasal dari jamur di Asia. Telah digunakan selama bertahun-tahun di Jepang sebagai alternatif alami untuk hydroquinine dan sangat efektif dalam memutihkan kulit. Kojic acid bekerja dengan menghambat fungsi dari tirosinase, protein yang bertanggung jawab untuk membuat pigmen coklat, melanin. Hal ini juga bertindak sebagai antioksidan dan cocok untuk kulit sensitif.

Ekstrak Liquorice  (Glycyrrhiza glabra)
Tanaman berakar manis ini termasuk keluarga kacang-kacangan yang telah digunakan sejak zaman kuno untuk tujuan pengobatan. Jus yang berasal dari akar itu dikenal di Cina sebagai pengobatan untuk semua jenis penyakit kulit dan di awal 1990-an, para ilmuwan Jepang mengidentifikasi glabridinin, senyawa dalam akar manis, yang ditemukan untuk menyerap sinar UVA dan UVB dan bertindak sebagai elemen kuat dalam memutihkan  kulit secara efektif.  Studi klinis menunjukkan bahwa Glabridin memiliki kapasitas untuk menghambat aktivitas enzim tyrosinase sebanyak 50% tanpa merusak sel-sel kulit. Ekstrak akar manis ini efektif dalam mengobati hiperpigmentasi pasca inflamasi (termasuk bintik hitam) dan dapat digunakan untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh bekas jerawat. Ekstrak akar manis juga mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan.

Ekstrak Bearberry
Berasal dari daun tanaman bearberry, bukan buahnya. Bearberry atau beargrape digunakan sebagai zat dalam banyak kosmetik dan mengandung Alpha arbutin, yang dikenal untuk mencerahkan kulit secara cepat. Arbutin telah terbukti efektif meringankan bintik-bintik gelap dan discolourations kulit. Dalam sebuah studi satu bulan pada 80 wanita Cina yang menggunakan  alpha arbutin konsentrasi 1%,  hasil pencerahan kulitnya sangat terlihat. Ekstrak Bearberry juga berguna karena mengandung filter perlindungan matahari  dan akibatnya bisa dijadikan sebagai bahan anti penuaan pada kulit.

Phyllanthus Emblica (gooseberry India)
Ekstrak dari tanaman ini adalah antioksidan yang unik dengan sifat antimikroba dan sejumlah besar ekstrak Vitamin C. Emblica melindungi kulit dari kerusakan dan membantu mengurangi hiperpigmentasi. Dalam sebuah studi yang menggunakan orang-orang dari kelompok etnis yang berbeda, Emblica ditemukan mengandung pemutih kulit yang bersifat kuat yang setara bahkan lebih baik daripada yang dicapai oleh pencerah kulit konvensional seperti hydroquinine. Emblica telah menunjukkan bahwa unsur ini berguna untuk melindungi kulit terhadap stres oksidatif, efektif mengurangi keriput, menekan pembentukan pigmentasi gelap dan membantu kulit untuk mempertahankan kelembaban alaminya.

Ekstrak Murbei Putih 
Pohon murbei putih (Morus alba) merupakan tanaman asli China dan telah ditemukan memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain dapat membantu mencegah penyakit jantung, kolesterol dan diabetes, juga dapat membantu untuk memutihkan kulit. Ekstrak murbei putih adalah inhibitor alami dari enzim tirosinase. Enzim ini memicu produksi melanin (pigmen coklat) pada kulit. Uji klinis telah menetapkan bahwa murbei putih  dan kertas murbei keduanya adalah bahan pemutih kulit yang efektif dan cocok untuk digunakan dermatologis.

Vitamin B-3
Niacinamide(Vitamin B3) bermanfaat untuk menekan transfer melanosome (pigmen) pada kulit dan bertindak sebagai agen pencerah kulit yang efektif ketika ditambahkan ke krim kulit. Vitamin B   meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban sehingga kulit Anda akan terasa lebih lembut dan halus jauh dari kekeringan dan pengurangan garis-garis halus.

Nah, jika Anda mau membeli krim pemutih kulit untuk mencerahkan warna kulit Anda dan menghapus pigmentasi gelap, pengecekan pertamaadalah apakah mengandung beberapa bahan yang tercantum di atas ?
Produk untuk memutihkan kulit biasanya berlabel sebagai brighteners atau pemutih. Umumnya produk pencerah  kulit yang ada dirancang untuk mengelupas kulit Anda dan mungkin berisi  alpha hydroxy acids (AHA) yang akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan beberapa pigmentasi berlebih yang menumpuk. Kulit Anda akan tampak segar dan "terang" tapi bahan ini mungkin tidak benar-benar memutihkan kulit. Bahan pemutih kadang-kadang ditambahkan ke pencerah kulit ini, walaupun tidak selalu.

Sebagian besar produk yang dijual secara online akan memungkinkan Anda untuk melihat daftar lengkap dari bahan dalam formulasi mereka sehingga kita bisa menelitinya sebelum membeli.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kecantikan, Kulit
Back To Top