Kebugaran Jasmani

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak


Sebagai orang tua, kita mesti tahu beberapa info atau tips dalam menjaga kesehatan mata anak kita. Kenapa ? Karena mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital buat kehidupan. Tanpa organ mata, kehidupan seseorang tidak seleluasa seperti yang dinikmati oleh orang yang tidak punya penglihatan. Bersyukurlah kita dan anak kita diberi penglihatan yang lengkap dan sempurna, sehingga tugas kita sebagai orang tua anak-anak kita yang masih kecil, selalu menjaga nikmat Allah yang tiada bisa kita hitung nilainya.


Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak


Ada beberapa cara atau trik yang harus diketahui oleh orang tua dalam menjaga dan merawat kesehatan mata anak kita. Berikut ini penuturannya :

Awasi ketika nonton acara TV 
Jarak aman bagi anak kita ketika menonton televisi adalah 5 kali ukuran diagonal layar tv sambil menyalakan lampu yang ada di sekitar tempat menonton tv, jadi jangan nonton sambil gelap-gelapan. Usahakan juga untuk membatasi waktu menonton bagi anak supaya tidak lebih dari sejam sehari. Sekiranya anak ingin maen game, kasih saja gadget portabel yang berlayar kecil semisal PSP yang intensitas pencahayaannya tidak sekuat layar tv atau monitor komputer.

Awasi ketika sedang membaca buku
Jarak yang baik antara mata dengan buku adalah 30-40 cm. Usahakan membaca di tempat yang cukup terang, jangan di tempat yang remang-remang sambil dalam posisi duduk, jangan sambil tiduran.

Jauhkan dari benda tajam
Anak kecil atau bayi biasanya sangat tertarik dengan benda-benda baru. Tapi sayangnya mereka belum paham apakah benda tersebut bahaya atau tidak. Makanya sebagai orang tua harus waspada agar tidak menyimpan barang yang tajam secara sembarangan yang bisa membuat mata anak kita cedera.

Menjaga kebersihan mata
Bisa dilakukan diantaraya dengan menjaga kebersihan mata anak, karena seringkali anak kita disadari atau tidak,  memegang mata mereka dengan tangannya, apalagi ketika mata mereka terasa gatal, tentunya secara otomatis mereka akan mengucek-ngucek mata mereka.

Menyediakan makanan yang menyehatkan mata
Orang tua sebaiknya menyediakan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang bisa menyehatkan mata, terutama vitamin A, sayuran seperti wortel, tomat, bayam, kacang-kacangan, ikan, alpukat, anggur, telur dan lain sebagainya.

Itulah 5 tips kesehatan dalam rangka memelihara dan menjaga mata anak kita supaya tetap sehat dan terpeihara.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Anak, Mata
Back To Top