Kebugaran Jasmani

Menu Makanan Sehat Sehari Hari untuk Ibu Hamil


Daftar menu makanan sehat sehari hari untuk ibu hamil sebaiknya dibuat dengan tujuan agar kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa terjaga. Manfaatnya, selain untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil itu sendiri, makanan sehat juga bermanfaat buat perkembangan tubuh janin di dalam rahim.

Ada berbagai makanan pilihan yang bisa dijadikan menu makan sehari-hari untuk ibu hamil sampai dirinya melahirkan. Berikut ini Saya akan menjelaskannya, mengenai variasi menunya bisa disusun tergantung keinginan masing-masing.

Makanan laut 
Salah satu makanan laut yang sangat di anjurkan bagi ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan ini mempunyai nutrisi karena mengandung DHA dan EPA yang memiliki fungsi bagus untuk tumbuh kembang sel-sel syaraf otak janin di dalam kandungan.

Susu rendah lemak
Susu betul-betul mendukung daya sehat wanita hamil karena susu begitu kaya akan sumber protein, kalsium, vitamin D dan vitamin B. Namun usahakan memilih mengkonsumsi susu yang rendah lemak. Produk olahan susu yang bisa bumil konsumsi adalah keju, yoghurt dan olahan susu lainnya.
Kalsium pada susu tentunya menjadi asupan terbaik untuk pertumbuhan tulang bayi dan akan terhindar dari pengeroposan tulang bagi si ibu.

Daging merah tanpa lemak 
Untuk memperoleh kalori yang sangat di butuhkan oleh bumil, daging merah adalah pilihan makanan yang tepat. Daging sapi bisa menjadi pilihan terbaik dan di anjurkan, namun sebelum daging dimasak, pisahkan lemaknya terlebih dulu atau lemaknya tidak ikut dimakan. Bagi ibu hamil, daging sapi akan menjadi sumber energi yang juga menjadi sumber kebutuhan protein.

Kacang-kacangan
Mempersiapkan menu makanan sehari hari dengan memasukan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hitam, akan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil khususnya bagi yang tidak terlalu suka dengan daging. Kacang-kacangan kaya akan kandungan zat besi dan protein sehingga bisa dijadikan pengganti daging bagi yang tak suka daging.


Menu Makanan Sehat Sehari Hari untuk Ibu Hamil


Buah-buahan
Ibu hamil memerlukan makanan yang mengandung anti oksidan tinggi, salah satunya adalah dengan makan buah bluberry. Selain menjaga stamina dan meningkatkan energi, antioksidannya akan membuat bayi tumbuh lebih sehat dan tidak mudah sakit.  Contoh lainnya adalah jeruk. Buah bervitamin C terbaik ini sangat bagus sebagai buah pelengkap sehari hari bagi ibu hamil. Cara lain mengkonsumsinya adalah dengan membuat jus jeruk. Pisang sangat berguna terutama pada trimester pertama karena bisa mencegah mual. Begitu juga alpukat sangat bagus dalam mencegah morning sickness. Pepaya sangat bagus buat bumil karena bisa mengatasi sembelit yang selalu dialami bumil.

Beras merah dan beras coklat
Selain kaya akan kandungan karbohidrat, dua jenis makanan ini sangat baik untuk menurunkan obesitas pasca melahirkan. Namun ibu harus mengimbanginya dengan makanan lain untuk menggantikan energi akibat penurunan berat badan sewaktu menyusui.
 
Telor rebus 
Telor yang baik dan memberikan nilai plus untuk kesehatan ibu hamil adalah telor ayam kampung yang di masak dengan cara direbus sehingga kandungan vitamin D dan protein akan maksimal kita dapatkan. Hasilnya, tulang bayi akan kuat dan tumbuh kembang semakin optimal.

Asam folat  
Asam folat mempunyai peranan penting bagi perkembangan anak sehingga mengkonsumsi makanan dengan kandungan nustrisi ini sangat penting di lakukan. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah roti gandum.

Sayuran kuah berdaun hijau 
Contohnya bayam hijau, kangkung sawah dan kubis brokolli. Sayuran tersebut harus masuk dalam daftar menu makanan sehat sehari hari ibu hamil karena banyak nutrisi yang bisa diperoleh di antaranya adalah vitamin A dan C, kalsium, serat fiber alami, zat besi penambah darah, mangan, antiokdisan herbal dan sumber energi.

Minuman
Tidak hanya cukup minum air saja, tapi konsumsilah makanan atau buah yang cukup banyak mengandung cairan atau air seperti buah melon, semangka, jeruk, bengkoang dan buah berserat lainnya.

Sumber :
http://caraobatherbalalami.com/2014/08/daftar-lengkap-menu-makanan-sehat-terbaik-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui/
http://www.rubrikita.com/2014/11/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil.html
http://infokesehatanakurat.blogspot.com/

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : ibu hamil, Menu makan
Back To Top