Kebugaran Jasmani

Manfaat Jus Tomat


Tomat adalah sayuran yang sangat populer. Rasanya cukup lezat, serbaguna, terjangkau, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Tomat yang ditampilkan dalam berbagai resep dapat digunakan dalam berbagai cara yang berbeda. Salah satu pilihan yang paling populer untuk mengkonsumsi tomat adalah dalam bentuk jus tomat. Jus kaya nutrisi, lezat, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Cara terbaik adalah membuat jus tomat dari tomat yang masih segar, namun pastikan tingkat natriumnya dalam kisaran yang sehat untuk asupan harian Anda.


Manfaat jus tomat

Kesehatan usus
Studi telah menunjukkan bahwa lycopene dalam jus tomat akan mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat. Rendahnya tingkat lycopene akan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena adenoma kolorektal, yang dianggap sebagai awal penyebab kanker kolorektal. Serat dan kadar air dalam tomat juga membantu menjaga kesehatan usus Anda.

Kesehatan pencernaan 
Jus tomat meningkatkan sistem pencernaan Anda disamping untuk mencegah sembelit, terutama ketika dicampur dengan jus bayam. Campuran ini berguna untuk mengaktifkan hati disamping juga mengandung banyak serat yang efektif untuk mencegah sembelit. Jus tomat juga merupakan antiseptik alami dan dapat mencegah diare dan infeksi umum. Jus tomat juga efektif untuk mencegah ginjal dan batu empedu.

Menurunkan kolesterol
Jus tomat juga membantu menurunkan kolesterol. Jus tomat mentah adalah salah satu jus terbaik untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Jus tomat mengandung banyak serat yang memecah kolesterol LDL dalam tubuh. Tomat juga mengandung niacin yang juga telah menunjukkan efek positif pada tingkat kolesterol tinggi.

Kesehatan prostat
Lycopene dan pelindung fitonutrien lainnya pada tomat akan meningkatkan kesehatan prostat. Lycopene bekerja sama dengan karotenoid dalam mencegah kanker prostat. Tomat dianggap oleh banyak orang sebagai tambahan makanan terbaik untuk diet untuk melindungi kesehatan prostat.

Kesehatan pankreas 
Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi lycopene dalam jumlah banyak akan mengalami penurunan 30% terkena kanker pankreas. Ada juga bukti bahwa karotenoid dan beta karoten yang ditemukan dalam tomat, bisa mengurangi risiko seseorang terkena pankreas lebih dari 40%. Kanker pankreas adalah salah satu bentuk kanker yang paling mematikan, jadi jika Anda ingin mengurangi risiko tersebut, mengkonsumsi jus tomat adalah ide bagus.

Sebagai antioksidan
Tomat mengandung antioksidan, yang telah terbukti efektif dalam melawan kanker. Antioksidan menjaga peradangan di bawah kontrol, jadi makan tomat juga dapat membantu mengontrol penyakit yang dipengaruhi oleh peradangan, seperti diabetes, asma, dan penyakit jantung. Meningkatkan asupan antioksidan adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan.

Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Tomat juga membantu mencegah penyakit jantung karena adanya niacin, kalium, folat, dan kadar vitamin B6. Tomat meningkatkan kadar homosistein, zat kimia dalam tubuh yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. Lycopene juga meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung tomat dapat mengurangi risiko kardiovaskular sebesar hampir 30%.

Mengurangi risiko pembekuan darah 
Jus tomat mengurangi kecenderungan darah untuk membeku. Meskipun pembekuan penting ketika cedera, namun ini adalah faktor negatif ketika dihubungkan dengan kesehatan internal. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi jus tomat akan menunjukkan pengurangan dalam penggumpalan sel darah.

Anti radang 
Penelitian menunjukkan bahwa segelas  jus tomat sehari akan menurunkan peradangan seseorang sampai hampir sepertiganya. Radikal bebas akan menyebabkan kelebihan produksi stres oksidatif dalam sistem, yang memicu peradangan. Peradangan ini terkait dengan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, osteoporosis, dan penyakit kardiovaskular. Minum jus tomat akan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Kesehatan tulang
Kebanyakan orang menghubungkan susu dan makanan olahannya dengan kesehatan tulang, padahal tomat juga meningkatkan kesehatan tulang dengan baik. Tomat mengandung vitamin K, salah satu vitamin yang paling penting yang terkait dengan kesehatan tulang. Vitamin K mengaktifkan osteocalcin, yang bertanggung jawab sebagai penahan kalsium dalam tulang.

Mengurangi stres
Makan tomat dapat mengurangi tingkat stres Anda. Mengkonsumsi tomat tiap hari akan meningkatkan vitamin C dalam darah dan menurunkan biomarker stres oksidatif. Efek terbaik terjadi ketika pasien makan gazpacho, sup sayuran yang didalamnya berupa bawang putih dan mentimun. Setelah satu minggu makan gazpacho setiap hari, peserta studi menunjukkan peningkatan 25% pada tingkat vitamin C.

Kulit yang lebih baik
Efek positif dari konsumsi jus tomat juga mempengaruhi eksterior tubuh Anda. Minum jus tomat secara teratur akan meningkatkan kesehatan kulit Anda. Studi di mana peserta minum dua porsi jus tomat per hari menunjukkan adanya penurunan jerawat. Jus tomat juga membantu dalam pencegahan kerusakan sel kulit. Selain minum jus tomat, tomat juga bisa dihaluskan dan digunakan sebagai masker wajah.

Membuat rambut sehat
Minum jus tomat juga meningkatkan kesehatan rambut. Vitamin K dalam tomat tidak hanya meningkatkan pandangan mata, namun juga untuk pertumbuhan rambut sehat. Banyak orang juga melihat rambut mereka lebih kuat dan lebih bersinar ketika mereka mulai minum jus tomat.

Itulah manfaat dari jus tomat yang mesti Anda tahu. Oh ya jangan lupa pula untuk membaca artikel tentang jus untuk menurunkan berat badan.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : jus
Back To Top