Kebugaran Jasmani

Obat PCOS


Kali ini Saya akan kasih gambaran tentang obat PCOS yang biasa digunakan para penderita PCOS atau sindrom ovarium polikistik. Meskipun sebenarnya belum ada obat untuk masalah ini, tetapi PCOS dapat dikontrol.

Beberapa pengobatan alami yang sederhana dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengelola gejala dan mengurangi komplikasi. Berikut ini beberapa pengobatan rumahan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), namun sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kayu Manis
Para peneliti dari Columbia University telah menemukan bahwa suplemen kayu manis dapat membantu meningkatkan siklisasi menstruasi pada wanita penderita PCOS. Selain itu, studi awal yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menunjukkan bahwa ramuan ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada wanita penderita PCOS.

Caranya gimana ? Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Minum setiap hari selama beberapa bulan atau sampai Anda puas dengan hasilnya. Atau, Anda bisa menggunakan ramuan tersebut dalam bentuk suplemen setelah sebelumnya konsultasi dahulu dengan dokter Anda. Biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi satu kapsul (1.000 mg) tiga kali sehari.

Anda juga bisa memasukkan atau menaburkan bubuk kayu manis pada sereal, oatmeal, yoghurt, keju cottage (keju yang dibuat dengan keju lunak), roti isi selai kacang, dan makanan lainnya. Tapi mesti diingat bahwa Anda tidak boleh minum ramuan ini lebih dari dua sendok teh per hari.

Jika Anda minum ramuan ini untuk melawan resistensi insulin, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu karena kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

Biji Rami 
Biji rami dapat digunakan melawan PCOS karena membantu menurunkan kadar androgen. Tanaman ini mengandung lignan yang meningkatkan produksi globulin pengikat hormon seks (SHBG) yang mengikat testosteron dalam darah, sehingga mencegah mendatangkan malapetaka di dalam tubuh.

Selain itu, biji rami kaya serat yang membantu memperlambat metabolisme glukosa dan kadar kolesterol. Asam lemak Omega-3 dalam makanan super ini juga mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Cara membuatnya, campurkan satu atau dua sendok makan biji rami segar dalam segelas air. Minum setiap hari selama beberapa bulan atau sampai Anda puas dengan hasilnya. Masukkan biji rami ke dalam diet Anda secara teratur dengan menambahkannya ke smoothie, sup, dan salad.

Obat PCOS

Teh Spearmint
Teh spearmint yang merupakan tanaman mint yang berasal dari negara-negara di Timur Tengah ini pun bisa menjadi solusi dalam mengatasi PCOS karena sifat anti-androgeniknya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiotherapy Research menemukan bahwa minum teh spearmint dapat membantu mengurangi hirsutisme, atau kelebihan rambut tubuh, dengan mengurangi kadar testosteron total dan bebas dan meningkatkan kadar hormon pelutein (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH).

Cara membuatnya, rebus satu cangkir air ke dalam panci. Tambahkan satu sendok teh daun spearmint kering dan biarkan mendidih selama lima hingga 10 menit. Saring dan minum teh ini dua kali sehari selama beberapa minggu.


Cuka sari apel
Cuka sari apel pun berkhasiat dalam mengatasi PCOS sebab bisa mengendalikan gula darah dan menjaga tubuh dari memproduksi banyak insulin. Sedikit insulin berarti lebih sedikit testosteron. Selain itu, cuka sari apel akan membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Gimana caranya ? Campurkan dua sendok teh cuka sari apel mentah tanpa menyaringnya ke dalam segelas air. Minum setiap pagi dan sebelum makan. Lanjutkan selama beberapa minggu atau sampai Anda melihat peningkatan.

Anda dapat secara bertahap meningkatkan dosis cuka sari apel menjadi dua sendok makan per gelas, dua atau tiga kali sehari. Jika terasa terlalu kuat, campurkan cuka sari apel dengan jus jeruk atau buah lainnya.

Biji  Klabet
Biji klabet atau fenugreek meningkatkan metabolisme glukosa dalam tubuh dan meningkatkan resistensi insulin. Yang pada gilirannya membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda. Biji klabet juga dapat membantu menurunkan kolesterol, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi kesehatan jantung.

Caranya cukup gampang yakni dengan merendam 3 sendok teh biji klabet di dalam air selama 6 - 8 jam. Minum 1 sendok teh biji yang direndam dengan sedikit madu di pagi hari dengan perut kosong. Juga minum satu sendok teh biji sekitar 10 menit sebelum makan siang dan satu sendok teh sebelum makan malam.

Lanjutkan perawatan ini setiap hari selama beberapa minggu atau sampai Anda melihat peningkatan.  Anda juga bisa memasukkan bibit dan daun klabet di menu harian Anda.


Saw Palmetto
Tumbuhan ini bertindak sebagai anti-androgen, menghambat aktivitas 5-alpha-reductase dan mengurangi konversi testosteron menjadi bentuk yang lebih aktif disebut dihidrotestosteron (DHT) yang bisa membantu dalam mencegah hirsutism, yakni kondisi ketika rambut jumlahnya berlebihan pada wanita penderita PCOS. Tanaman ini juga membantu menumbuhkan kembali rambut yang menipis.

Naturopaths sering menyarankan ramuan ini untuk pengobatan PCOS karena membantu meningkatkan ketidakseimbangan hormon. Minum 320 mg ekstrak saw palmetto standar setiap hari selama beberapa bulan. Jika Anda menggunakan ekstrak cair, minum satu sendok teh per hari.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter naturopati berlisensi sebelum mengambil ini atau obat herbal lainnya untuk PCOS untuk memastikan penggunaan tanaman yang aman dan efektif.


Chasteberry
Chasteberry merukan bahan alami yang sering dipakai dalam membantu meningkatkan kesuburan. Bahan ini terkadang juga disebut Vitex oabt PCOS, sejenis tanaman herbal populer lainnya untuk meredakan gejala PCOS dan mengobati ketidaksuburan karena ketidakseimbangan hormon. Ini adalah tanaman penyeimbang hormon herbal yang hebat dan juga digunakan sebagai obat untuk masalah menstruasi.

Caranya, rebus secangkir air dan tambahkan satu sendok teh chasteberry segar atau kering. Biarkan terendam selama sekitar 10 menit. Saring dan minum teh ini setiap hari selama beberapa minggu atau bulan, sampai Anda melihat ada perbaikan. Berhenti menggunakannya setelah Anda puas dengan hasilnya. Atau, Anda bisa mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen. Untuk dosis dan kesesuaian yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda.


Minyak Ikan
Sarat dengan asam lemak omega-3, minyak ikan membantu mengurangi androgen dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memperbaiki gejala PCOS dengan menyeimbangkan kadar androgen.

Selain itu, memasukkan ikan berlemak di menu diet Anda atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi lemak tubuh dan melawan penyakit kronis. Tidak ada dosis harian standar untuk suplemen minyak ikan. Anda bisa minum 1-3 kapsul dua atau tiga kali sehari atau seperti yang disarankan oleh dokter.

Akar Manis
Peneliti Italia telah menemukan bahwa akar dapat membantu mengurangi serum testosteron pada wanita dengan PCOS. Para peneliti percaya bahwa kandungan senyawa glycyrrhizin dalam herbal ini menghambat enzim yang diperlukan untuk produksi testosteron. Akar manis juga dapat digunakan sebagai terapi adjuvant untuk hirsutisme. Selain itu, akar manis juga bisa meningkatkan ovulasi serta membantu detoksifikasi hati yakni menghilangkan racun dan kelebihan hormon sehingga membantu menyeimbangkan hormon.

Caranya, tambahkan satu sendok teh akar manis kering ke secangkir air mendidih. Biarkan mendidih selama 10 menit dan kemudian saring. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari selama beberapa minggu.

Anda bisa mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen. Anda dapat minum seperempat hingga setengah sendok teh tingtur akar manis dua atau tiga kali sehari selama beberapa minggu. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menemukan dosis yang tepat untuk kasus Anda.

Akar manis mungkin tidak cocok untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, ginjal atau hati. Akar manis juga dapat mempengaruhi kadar glukosa darah.


Basil
Basil, juga dikenal sebagai tulsi, dapat membantu mengurangi gejala PCOS karena sifat anti-androgeniknya. Tanaman basil ini akan membantu mengelola kadar insulin dan membantu menurunkan berat badan. Basil juga merupakan penghilang stres yang sangat baik, dan memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi.

Caranya, konsumsi 8 hingga 12 daun basil setiap hari di pagi hari. Pilihan lain adalah minum  teh kemangi beberapa kali sehari atau minum ramuan ini dalam bentuk suplemen. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda. Pilih salah satu dari obat-obatan ini selama beberapa bulan.

Basil cenderung menurunkan kadar glukosa darah, jadi ambillah ramuan ini dengan hati-hati jika Anda sedang menjalani perawatan diabetes. Tumbuhan ini juga dapat memperlambat pembekuan darah dan berinteraksi dengan obat antikoagulan.



Itulah sedikit info tentang obat pcos paling ampuh yang memang dalam hal ini obat di atas harus dibikin sendiri, bukan obat pcos di apotik, karena mungkin termasuk ramuan atau jamu untuk pcos. Mengenai pengobatan pcos berapa lama sampai sembuh, tentu saja masing-masing penderita tidak akan sama jangka penyembuhannya.

Memang ada obat kimia lain sebagai solusi pcos seperti pengobatan pcos dengan metformin. Namun untuk kali ini Saya tidak menjelaskannya. Apakah pco juga bisa sembuh tanpa obat ? Nantikan jawabannya di artikel selanjutnya.

Sumber :
https://sehatly.com/2597

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : PCOS
Back To Top