Kebugaran Jasmani

Apa Manfaat Daun Binahong ?


Berikut ini Kami bahas secara lemgkap apa manfaat Daun Binahong bagi kesehatan.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Kulit

Mengatasi masalah kulit
Manfaat daun binahong untuk wajah, salah satunya adalah bisa mengatasi jerawat. Kandungan zat dalam daun Binahong secara efektif dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat binahong juga bisa mengatasi komedo dan flek hitam dengan menggunakan maker binahong.

Kandungan kolagennya yang tinggi juga dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Caranya mudah, haluskan daun muda binahong, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah setelah mandi selama 30 menit.

Cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggosokkan daun binahong yang sudah dihaluskan tadi dan harus dilakukan secara rutin. Penggunaan yang teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong akan membuat kulit halus dan cerah.

Mencegah penuaan dini
Penuaan adalah efek samping lain akibat stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas dapat memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan keriput dan kerusakan kulit. Antioksidan seperti beta-karoten, zeaxanthin, lutein, Vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Karena daun binahong adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah, herbal yang satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C telah lama dikenal menjaga kesehatan kulit.

Mencegah radikal bebas
Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam daun Binahong sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Terutama masalah kulit yang terpapar sinar matahari berlebihan.

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong, diyakini mampu mengangkat sel kulit mati dan membasmi bakteri jahat yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Perawatan Kulit
Selain itu, daun binahong juga bermanfaat untuk merawat kulit, menjadikannya lebih lembut, terlihat lebih muda dan bercahaya. Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kita bisa menggunakan daun binahong sebagai masker wajah atau mengonsumsi air matang secara teratur.

Menghaluskan dan memutihkan wajah
Selain mengempiskan jerawat, masker yang diolah dari daun binahong juga bisa menghaluskan dan memutihkan wajah dengan aman. Anda dapat menggunakan masker sebelum tidur, dan hanya mencucinya pada pagi berikutnya.

Manfaat Daun Binahong Untuk Pencernaan

Mengobati Maag
Manfaat daun binahong untuk pencernaan tidak bisa dipungkiri lagi, salah satu manfaat binahong adalah mengobati maag. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung berlebih.

Dengan mengonsumsi daun binahong, asam lambung akan menjadi normal kembali. Selain itu, manfaat Binahong juga merupakan antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan, itu akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Mengatasi anak-anak yang kesulitan makan
Anak-anak yang mengalami kesulitan makan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, ia mungkin menderita sariawan, tidak menyukai makanannya, atau mengalami masalah sistem pencernaan. Dalam beberapa masalah ini orang tua perlu kesabaran ekstra.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah memberikan rebusan rebusan air daun binahong. Manfaat daun binahong dapat mengatasi anak yang sulit makan. Tetapi ramuan ini hanya untuk anak-anak 7 tahun ke atas. Sebaiknya Anda tidak memberikan obat herbal kepada balita karena tidak ada penelitian lebih lanjut apakah ini aman atau tidak.

Mengatasi Masalah Sakit Perut
Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit perut, seperti pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Jika Anda memiliki masalah perut dan tidak ingin minum obat, daun binahong bisa menjadi solusi. Kandungan yang terkandung dalam daun binahong dapat menenangkan masalah yang terjadi di perut.

Mengatasi Disentri
Disentri adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia, dan harus segera diobati untuk mencegah kondisinya memburuk. Kita bisa menggunakan daun binahong dengan merebusnya dan mengonsumsi airnya.

Melancarkan pencernaan
Daun binahong menawarkan sejumlah besar serat, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat mengurangi risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Serat sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan gangguan sembelit, kembung dan pencernaan. Nutrisi ini membantu menormalkan pergerakan usus dan mendukung kesehatan usus.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tulang

Mengatasi asam urat
Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh. Penderita asam urat akan merasakan nyeri ekstrem di persendian. Ini tentu membuat Anda tidak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat daun binahong dipercaya mampu secara aktif mengatasi encok di persendian tubuh. Kandungan zat dalam daun binahong akan menetralkan asam urat tinggi di persendian. Manfaat binahong untuk asam urat mudah diperoleh dengan mengonsumsi rebusan daun binahong secara teratur.

Mengatasi Tulang Patah
Kandungan pada daun binahong cukup tinggi dan mampu mengatasi masalah yang terjadi pada pasien dengan patah tulang. Dengan mineralnya yang tinggi, daun binahong dapat mengurangi rasa sakit akibat patah tulang.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Darah

Mengatasi kolesterol
Khasiat daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh. Daun binahong akan menetralisir kadar kolesterol jahat di pembuluh darah.

Kolesterol dalam pembuluh darah akan menyebabkan plak di pembuluh darah. Ini akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, dengan adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah tersumbat ke jantung.

Kolesterol tinggi yang dibiarkan dapat memicu penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah untuk Anda dapatkan, hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur sampai kolesterol jahat menghilang dari tubuh.

Mencegah diabetes
Meski bukan penyakit ganas, diabetes masih sangat berbahaya. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengontrol kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Mengatasi anemia dan Meningkatkan tekanan darah
Manfaat daun binahong juga bisa digunakan sebagai obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

Daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah rendah, binahong bisa menjadi solusi pengobatan alternatif.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, Anda harus menormalkannya kembali. Alasannya karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh terasa lemas. Anda bahkan tidak dapat melakukan aktivitas harian dengan benar dan dalam kasus yang lebih berbahaya, Anda akan pingsan.

Anda harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Bagaimana caranya ? Gunakan 8 lembar daun binahong dan rebus dalam 2 gelas air. Pastikan untuk meminumnya sekali sehari. Manfaat daun Binahong efektif dalam meningkatkan tekanan darah, jadi konsumsilah secara teratur.

Manfaat Daun Binahong Untuk Sistem Pernapasan

Mengobati sesak napas
Bernafas adalah hal penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tetapi apa yang akan terjadi jika kita mengalami masalah pernapasan atau sesak napas? Tentu itu akan sangat berbahaya. Karena itu, merawat sistem pernapasan sangat penting.

Menurut penelitian, manfaat daun binahong dapat membersihkan saluran pernapasan, terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu membersihkan organ pernapasan, kandungan antibakteri juga efektif membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pernapasan akut.

Mengobati batuk
Minum air rebusan daun binahong bisa mengobati batuk. Kandungan dalam ramuan daun binahong ini adalah senyawa antibakteri yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Jadi, batuk berdahak dan batuk kering bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun Binahong.

Membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun
Bagi Anda yang ingin memiliki paru-paru bersih, minumlah air rebusan dari daun Binahong. Senyawa di daun Binahong dapat membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru. Namun, manfaat binahong untuk paru-paru masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Mengatasi Penyakit Paru-Paru
Dengan merebus 10 lembar daun binahong, kita bisa mengatasi masalah paru-paru. Manfaat daun binahong dapat diperoleh karena daun binahong mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga sistem pernapasan tubuh.

Apa Manfaat Daun Binahong ?

Manfaat Daun Binahong Untuk Tubuh

Mengembalikan stamina yang hilang
Daun binahong mengandung binahong cathecin, yaitu, jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung. Manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah berolahraga.

Jadi daun Binahong sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas berat. Misalnya lembur, olahragawan, atau pekerja keras. Minumlah satu gelas air rebusan binahong, maka stamina Anda akan kembali lagi.

Meningkatkan Energi
Ketika merasa lelah, tubuh membutuhkan energi untuk memulihkan kondisi tubuh yang bugar. Energi untuk tubuh dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan, salah satunya adalah daun binahong. Dengan meminum air rebusan binahong, energi tubuh akan terasa seperti diisi ulang.

Meningkatkan vitalitas
Dengan energi yang diisi ulang, vitalitas juga akan meningkat. Selain itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong juga bisa mengatasi masalah vitalitas.

Manfaat Daun Binahong Untuk Penyakit Dalam

Mengatasi Masalah Otak
Ada begitu banyak masalah otak dan penyebabnya. Tidak semua jenis penyakit otak bisa diobati dengan daun binahong.

Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu masalah otak yang bisa diatasi dengan daun binahong. Anda dapat merebus daun binahong dan mengkonsumsinya secara teratur.

Mengatasi Masalah Ginjal
Organ ginjal sangat penting dalam proses ekskresi tubuh, dan jika organ ini mengalami masalah, itu akan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Caranya adalah cukup dengan merebus 10-15 daun dan mengonsumsi air rebusannya, maka masalah ginjal akan teratasi.

Mengatasi Wasir
Hermoroid adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah bagian bawah tubuh, khususnya anus. Untuk mengurangi rasa sakit akibat wasir, kita bisa merebus daun binahong dan minum 3 gelas air matang secara teratur.

Meningkatkan kesehatan jantung
Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang dapat kekurangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan merusak arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

Kalium dalam daun binahong juga memainkan peran penting dengan mempertahankan kadar cairan darah. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, daun binahong memberikan manfaat lengkap untuk jantung dan sistem kardiovaskular.
 

Manfaat Daun Binahong Untuk Penyembuhan

Memberikan Efek Penyembuhan Setelah Operasi
Bagi pasien yang baru saja menjalani operasi dan memasuki masa penyembuhan, mengkonsumsi air rebusan daun binahong dapat menjadi solusi penyembuhan yang alami dan efektif. Ini karena daun binahong mengandung mineral dan protein yang baik untuk penyembuhan pasca operasi.

Mempercepat proses penyembuhan luka
Haluskan daun binahong segar, lalu tempelkan ke luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain luka, sifat antiinflamasi juga membantu meringankan kemerahan atau bahkan bengkak memar.

Manfaat Daun Binahong Lainnya

Menjadikan pisang pria menjadi keras dan tahan lama
Tidak perlu membeli obat kuat untuk tahan lama. Mulai sekarang Anda bisa mengalami kenikmatan dengan mengonsumsi air rebusan daun Binahong. Kandungan mineral alami yang lengkap dalam daun bergizi ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membuat pisang Anda kuat dan tahan lama.

Mengatasi masalah menstruasi
Sedangkan bagi wanita, khasiat daun binahong baik untuk mengatasi masalah menstruasi. Bagi Anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti terlambat menstruasi, nyeri, atau keputihan, konsumsilah ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif dalam meluncurkan menstruasi.

Penangkal kanker
Kanker memang menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifat dan jenisnya yang berbeda. Ini terjadi karena tekanan stres oksidatif yang memengaruhi produksi radikal bebas yang akan merusak sel sehat dan membuat sel kanker.

Kaya akan pigmen antioksidan karotenoid esensial seperti beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein, antioksidan, daun binahong dipercaya untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat digunakan sebagai penangkal kanker.

Selain kaya akan antioksidan, vitamin A yang terkandung dalam Binahong juga memberikan manfaat dalam pencegahan kanker.

Memperkuat ingatan
Kandungan daun Binahong, yang kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, diyakini mendukung fungsi mental dan menjaga otak tetap tajam. 

Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12 telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi. Dengan mengonsumsi daun binahong secara teratur, ini akan membantu memperkuat ingatan Anda. 

Menjaga kesehatan mata
Radikal bebas yang berbahaya juga dapat merusak retina mata, menyebabkan katarak dan bahkan kehilangan penglihatan. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, beta-karoten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Manfaat daun binahong untuk mata, dengan menjadikan daun binahong sebagai salah satu obat herbal yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dari radikal bebas. Selain daunnya yang kaya akan vitamin A, batangnya juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Merawat Rambut
Tidak hanya untuk kulit kepala, daun binahong juga memiliki banyak kegunaan untuk rambut. Kandungan daun binahong sangat baik untuk menyuburkan rambut agar subur, tidak mudah rontok, lembab, dan sehat.

Resep Daun Binahong

Untuk mempermudah, ini dia resep singkat daun binahong dari Honestdocs untuk berbagai masalah kesehatan. Pastikan untuk mengonsumsinya 1x saja dalam sehari kecuali ada aturan minum khusus.
  • Maag, didihkan 10 lembar bersama 1 gelas air, minum 3 kali sehari atau resep ke dua, blender 10-15 lembar daun binahong bersama 100-200 ml air, minum sebagai jus.
  • Disentri: 10 lembar + 2 gelas air, rebus sampai takaran berkurang 1 gelas.
  • Usus bengkak, 3 lembar daun + 2 gelas air, sisakan hingga 1 gelas.
  • Pendongkrak nafsu makan, 5 lembar daun + 2 gelas air, rebus sampai sisa 1 gelas.
  • Kandung kemih membengkak, 10 lembar + 5 gram daun kumis kucing + 4 gelas air, rebus hingga air berkurang menjadi 3 gelas.
  • Gagal ginjal, 10-15 lembar + 1 gelas air, minum 3 kali sebelum makan.
  • Kanker ginjal, 15 gram daun + 15 gram daun keladi tikus + 5 gelas air, didihkan hingga sisa 3 gelas + gula aren.
  • Radang ginjal, 7 lembar daun + 2 gelas air, didihkan hingga berkurang 1 gelas.
  • Batuk hingga muntah darah, 10 lembar daun + 2 gelas, didihkan hingga menjadi 1 gelas.
  • Sesak nafas, 7 lembar daun + 2 gelas air, rebus sampai sisa 1 gelas
  • Diabetes, 11 daun + 3 gelas, didihkan hingga sisa 2 gelas.
  • Patah tulang, 10-20 lembar + 3 gelas air, didihkan hingga sisa 2 gelas.
  • Darah rendah, 8 lembar + 2 gelas, rebus hingga sisa 1 gelas.
  • Asam urat: 5 lembar daun binahong + 3 gelas air, didihkan hingga sisa 1 gelas.
  • Paru-paru, 10 lembar + 2 gelas air, rebus hingga sisa 1 gelas.
  • Gegar otak, 10 daun + 2 gelas air, didihkan sampai sisa 2 gelas saja.
  • Luka bakar, 10 lembar daun binahong + 2 gelas air, didihkan hingga tersisa 1 gelas.
  • Borok menahun: 12 lembar + 3 gelas air, rebus hingga tersisa 2 gelas.
  • Eksim pada kulit, 10-15 lembar + 3 gelas air, didihkan hingga sisa 2 gelas.
  • Usai operasi: 20 lembar daun + 3 gelas air, rebus sampai sisa 2 gelas.
    Pemulihan usai kecelakaan atau cedera akibat benda tajam: 1 lembar + 2 gelas air, rebus sampai sisa 1 gelas.
  • Wasir, 16 lembar daun + 3 gelas air, rebus sampai sisa 2 gelas saja.
  • Mimisan, 4 lembar + 2 gelas air, didihkan hingga sisa 1 gelas.
  • Gusi berdarah, 4 lembar daun binahong + 2 gelas air, didihkan sampai sisa 1 gelas.
  • Menambah stamina, 1 lembar daun binahong + 2 gelas air, rebus hingga sisa 1 gelas.
  • Penghangat tubuh: 5 daun + 2 gelas, didihkan hingga berkurang 1 gelas.
  • Melancarkan datang bulan, 3 lembar daun + 2 gelas air, didihkan hingga berkurang 1 gelas.
  • Pasca melahirkan: 7 lembar daun + 2 gelas air, rebus hingga berkurang 1 gelas.
  • Lemah syahwat, 3-10 lembar + 2 gelas air, rebus hingga sisa 1 gelas.

Efek Samping Daun Binahong

Meski terbukti menyembuhkan segala macam penyakit, daun binahong juga memiliki efek samping yang tidak boleh diabaikan, sebagaimana obat herbal lainnya. Berikut ini adalah beberapa efek samping daun binahong yang perlu Anda waspadai dan pantangan minum daun binahong :
  • Daun binahong tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi, teh, dan kacang kola. Pantangan ini disebabkan karena daun binahong yang mengandung efedrin yang dapat menyebabkan pusing, susah tidur, gelisah, mual dan muntah, serta jantung berdebar-debar.
  • Wanita hamil dan menyusui juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun ini karena tidak aman untuk keduanya.
  • Jika Anda memiliki masalah angina, hindari mengonsumsi daun binahong karena akan memperburuk kondisinya.

Demikian berbagai macam manfaat daun binahong dalam kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lalu bagaimana dengan manfaat daun binahong merah ? Samakah ? Apakah ada khasiat daun binahong untuk kesuburan ?  Silahkan baca artikelnya di link tersebut.

Sumber :

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : daun binahong
Back To Top