Kebugaran Jasmani

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan


Teh hijau atau green tea dikenal sebagai teh pelangsing, tetapi banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan lainnya yang bisa kita peroleh. Yang membuat teh hijau kaya manfaat adalah teh hijau ini memiliki beberapa kandungan bermanfaat seperti polifenol, fluorida, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, natrium, tepung, seng dan mangan.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh ini telah dibahas selama berabad-abad. Penelitian yang dilakukan dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan tinggi, dapat mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, juga membantu menjaga berat badan.

Teh hijau berasal dari spesies tanaman Camellia sinensis. Minuman ini awalnya berasal dari Cina. Teh hijau dapat disajikan panas, dingin, dicampur dengan madu, atau dibuat menjadi teh tanpa gula. Tidak hanya enak diminum, Anda juga bisa memetik manfaat teh hijau dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sekadar informasi, teh hijau adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, teh hijau kini mulai dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Meskipun di Indonesia teh hitam lebih banyak ditemukan dan dikonsumsi, tetapi sekarang teh hijau juga mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Ini tentu berdasarkan rahasia umum bahwa manfaat teh hijau sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Teh Hijau

Salah satu manfaat teh hijau yang baik untuk tubuh berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebihan dapat merusak sel-sel tubuh, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan menyebabkan penyakit, seperti kanker.

Manfaat lain dari teh hijau adalah dari senyawa katekin yang terkandung di dalamnya. Senyawa katekin dalam teh hijau memiliki efek yang baik dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Manfaat teh hijau dalam mengatasi penyakit belum sepenuhnya terbukti kuat. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi teh hijau secara teratur dan dalam porsi yang wajar untuk menjaga kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari teh hijau ? Yuk kita ikuti penjelasan berikut ini yang Saya sadur dari Health DetikAloDokter, Teh Sariwangi dan Ayo Bandung.

Menurunkan kolesterol
Teh hijau baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Ini karena kandungan polifenol dalam teh hijau bisa mencegah kolesterol diserap oleh usus sembari membantu menyingkirkannya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, teh hijau adalah minuman yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Mengkonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat mengurangi kolesterol total secara optimal.

Menurunkan risiko penyakit jantung
Beberapa penelitian lain telah menyimpulkan bahwa antioksidan dalam teh hijau memiliki kemungkinan untuk secara efektif mencegah penyempitan pembuluh darah, terutama pada penyakit arteri koroner.

The Journal of American Medical Association menerbitkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006. Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan pengurangan kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang dilakukan di Jepang ini dihadiri oleh 40.000 peserta berusia 40-79 tahun yang mengalami masalah kesehatan jantung. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 11 tahun sejak 1994.

Peserta yang mengonsumsi setidaknya 5 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan peserta yang hanya minum kurang dari satu cangkir teh hijau per hari.

Memerangi sel kanker
Kandungan polifenol dalam teh hijau memiliki peran dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur pada wanita bisa mengurangi risiko kanker ovarium dan kanker endometrium.

National Cancer Institute telah menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau telah terbukti menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti sangat percaya bahwa kandungan polifenol ini dapat membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya.

Mencegah diabetes
Teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baik untuk diet
Teh hijau bermanfaat dalam membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kadar katekin yang terkandung dalam teh hijau bisa membakar lemak tubuh. Ini bagus untuk program diet Anda.

Bagaimana cara melakukan diet dengan teh hijau ? Teh hijau adalah minuman sehat yang dapat menggantikan peran minuman manis yang biasanya Anda konsumsi setiap hari. Minuman manis, seperti minuman ringan adalah minuman yang tinggi gula dan kalori.

Anda harus menghindari minuman manis ini jika Anda menjalankan program diet sehat. Sebagai gantinya, ganti minuman Anda dengan teh hijau, karena minuman ini rendah kalori dan mengandung beragam manfaat sehat bagi tubuh.

Minumlah teh hijau sebelum olahraga, sebab mengkonsumsi teh hijau sebelum berolahraga, efektif membakar lemak 17 persen lebih banyak daripada tidak minum teh hijau sebelum berolahraga. Teh ini juga terbukti ampuh menghilangkan lemak perut yang tergolong berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit.

Menstabilkan tekanan darah
Mengkonsumsi teh hijau secara teratur membuat Anda memiliki kadar tekanan darah rendah dan terkontrol. Meskipun demikian, hasil penelitian ini masih perlu dikonfirmasi dengan penelitian lebih lanjut.

Mengobati ketombe psoriasis
Menurut sebuah penelitian 2007 yang dilakukan oleh para peneliti dari Medical College of Georgia, teh hijau bisa menjadi pengobatan baru untuk masalah peradangan kulit, seperti ketombe dan psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit kulit radang yang menyebabkan bintik-bintik kering dan kemerahan di kulit, serta mengelupas. Ini disebabkan oleh peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu di kulit. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel yang menyebabkan peradangan kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel ini.

Mencegah peradangan gusi
Fluoride yang terkandung dalam teh hijau dapat menjaga kesehatan gusi. Dengan mengonsumsi teh hijau, gusi menjadi lebih sehat dan terhindar dari peradangan gusi.

Mengurangi stres
Kandungan L-teanin dalam teh hijau dapat membantu memberikan efek rileks dan mengurangi stres yang dialami. Minumlah secangkir teh hijau untuk mengurangi stres.

Mencegah terjadinya flu
Kandungan vitamin C yang dibantu oleh bahan lain dalam teh hijau, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga hal ini bisa membuat Anda terhindar dari virus atau bakteri yang bisa menyebabkan flu.

Meningkatkan memori
Teh hijau bisa bermanfaat untuk memperkuat ingatan. Ini karena kandungan L-teanin dalam teh hijau. L-teanin dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology pada 2014 menunjukkan bahwa teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, terutama untuk daya ingat. Selain itu, tim peneliti juga mengatakan bahwa teh hijau dapat digunakan untuk pengobatan gangguan kognitif yang terkait dengan gangguan neuropsikiatri seperti demensia.

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak Anda dan membuat Anda lebih pintar dengan meningkatkan neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin. Minum teh hijau akan meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Membantu mengatasi nyeri radang sendi
Efek antioksidan EGCG dalam teh hijau menghambat produksi molekul tertentu dalam tubuh yang menyebabkan peradangan dan nyeri radang sendi. Menurut Arthritis Foundation, EGCG dalam teh hijau adalah 100 kali lebih efektif daripada vitamin E dan vitamin C.

Meningkatkan kesehatan mulut 
Katekin dalam teh hijau memiliki kemampuan yang kuat untuk membunuh bakteri dan virus, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ini juga menghentikan pertumbuhan Streptococcus mutans, bakteri yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Menjadikan umur panjang 
Minum teh hijau akan membuat hidup lebih lama, demikian menurut sebuah penelitian. Studi ini menyimpulkan bahwa kematian dari berbagai penyebab, lebih rendah sebesar 23% pada wanita dan 12% pada pria.

Kematian akibat penyakit jantung lebih rendah sebesar 31% pada wanita dan 22% pada pria, dan kematian akibat stroke lebih rendah sebesar 42% pada wanita dan 35% pada pria, yang mengonsumsi teh hijau.


Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Mempercantik kulit wajah
Salah satu manfaat teh hijau untuk kecantikan adalah bisa mempercantik kulit. Mengkonsumsi teh hijau akan menghilangkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mengurangi lingkaran hitam di mata
Kandungan antioksidan dan tanin memberikan manfaat untuk mengobati mata bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat ini membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Mencegah penuaan
Manfaat lain dari teh hijau adalah dapat mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit. Ini karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit sehingga antioksidan ini dapat membantu mencegah penuaan dini.

Mengobati jerawat
Kandungan katekin dalam teh hijau dapat mengobati jerawat Anda. Ini karena kadar katekin dalam teh hijau adalah agen anti-bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti-peradangan yang menyebabkan jerawat.

Menurut hasil penelitian dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) untuk mengobati jerawat dengan memodulasi objek molekuler intraseluler. Jadi jangan heran jika banyak produk kecantikan atau obat jerawat yang menggunakan teh hijau sebagai bahan utamanya.

Sebagai skin toner
Teh hijau bermanfaat sebagai toner kulit. Teh hijau dapat menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan melembabkan kulit.

Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

Mencegah kebotakan
Teh hijau dapat membantu menggantikan rambut yang rontok. Zat yang terkandung dalam teh hijau, membantu menumbuhkan rambut rontok sehingga kebotakan bisa diatasi.

Manfaat Teh Hijau untuk Pencernaan

Memperbaiki sistem pencernaan
Kafein yang ditemukan dalam teh hijau memiliki banyak manfaat berbeda dari kafein yang ditemukan dalam kopi. Kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan


Yang harus diperhatikan adalah tidak hanya satu makanan atau minuman yang dapat melindungi seseorang dari penyakit. Meskipun kita mendapatkan manfaat teh hijau dengan meminumnya setiap hari, semuanya akan sia-sia jika gaya hidup kita tetap buruk.

Karena itu, jangan bergantung sepenuhnya pada satu jenis asupan makanan kesehatan, tetapi tetap memperhatikan pola makan, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengatur tingkat stres Anda dengan benar.

Itulah manfaat teh hijau. Minumlah 2 atau 3 gelas setiap hari. Saatnya minum teh hijau adalah 30 menit setelah makan. Hindari minum teh hijau sebelum makan, bagi mereka yang memiliki gangguan perut. Selain itu, jangan minum teh hijau di malam hari karena efek sampingnya dapat menyebabkan gangguan pola tidur.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : manfaat teh hijau
Back To Top