Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan

Obat asam urat alami dari tumbuhan adalah salah satu pengobatan yang harus dilakukan secara konsisten untuk mengurangi asam urat dengan membantu pemecahan kristal di dalam tubuh.

Selain itu, obat asam urat herbal juga biasanya mampu meningkatkan fungsi hati dan ginjal serta bisa bertindak sebagai anti inflamasi sehingga membantu mengurangi kambuhnya asam urat.

Menggabungkan pengaturan makanan dengan pendekatan pengobatan herbal yakni dengan cara mengurangi makanan yang bisa memperburuk asam urat merupakan pendekatan yang masuk akal untuk mengobati penyakit asam urat.

Alkohol, daging, kopi, makanan yang digoreng, sayuran tertentu dan kacang-kacangan termasuk lentil, asparagus, makanan manis dan makanan ragi dapat berkontribusi meningkatkan asam urat.

Kebanyakan pengobatan asam urat alami biasanya lebih fokus pada pengaturan makanan yang mengandung purin rendah seperti vitamin B, E dan A dan kalium.

Kunyit
Kunyit adalah anggota dari keluarga rimpang yang memiliki warna kuning khas dan sering digunakan sebagai bumbu dan pewarna. Curcumin, yang memberikan kunyit berwarna kuning dianggap sebagai agen anti inflamasi dan bisa menghilangkan rasa sakit.

Curcumin juga mampu mencegah pembentukan prostaglandin dalam tubuh. Cara kerjanya tidak seperti aspirin dan ibuprofen karena kurkumin lebih lemah efeknya.

Ketika curcumin digunakan dengan dosis tinggi maka akan memicu pelepasan kortisol dalam tubuh, yang secara langsung menghambat proses inflamasi seperti yang terasa dalam sendi. Dalam sebuah studi, kunyit telah terbukti memiliki khasiat yang serupa dengan kortison ketika digunakan pada dosis 6-12 gram.

Ceri
Tidak ada bukti ilmiah bahwa ceri dapat digunakan sebagai salah satu tanaman obat yang berguna untuk pengobatan asam urat, tetapi banyak orang yang bersumpah dan mengklaim bahwa gejala asam urat bisa hilang ketika mengkonsumsi ceri.

Para peneliti di Michigan State University telah mengisolasi bahan dalam ceri yang disebut antosianin dan diyakini memiliki antioksidan kuat dan anti inflamasi. Beberapa zat yang ditemukan dalam buah ceri bisa menetralisir asam urat yang berguna sebagai obat untuk asam urat. Ceri juga mengandung magnesium yang merupakan analgesik alami.


Obat asam urat alami dari tumbuhan


Cuka sari apel
Cuka apel sangat membantu dalam menciptakan suasana basa dalam tubuh, dan itu memang bermanfaat untuk membantu mengobati asam urat karena cuka apel mengandung asam malat yang bisa membantu melarutkan endapan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Jeruk
Jeruk mengandung senyawa quercetin. Quercetin adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk buah jeruk yang menjadi obat perawatan alami untuk asam urat. Ada sejumlah manfaat dari senyawa ini karena di dalam tubuh mereka bisa melawan efek dari enzim xantin oksidase. Enzim ini membantu tubuh memproduksi asam urat dan juga mencegah perbanyakan sel kekebalan yang disebut neutrofil, yang menghasilkan hormon yang disebut leukotrien yang menyebabkan peradangan.

Cabe rawit
Ada banyak manfaat cabai rawit untuk kesehatan secara umum serta untuk asam urat, karena cabe rawat tidak mengiritasi lambung dan dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi nyeri.

Cabe rawit mengandung bahan aktif yang disebut Capsaicin, yang dilabeli sebagai iritan kontra dan ini dikenal bermanfaat dalam menyingkirkan rasa nyeri, yang biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki gejala nyeri akibat asam urat. Cabe rawit memang dikenal sebagai salah satu herbal yang efektif membantu nyeri sendi.

Cabe rawit membantu meringankan rasa sakit akibat asam urat dan juga berefek pada saraf di sekitar daerah dimana cabe diterapkan, karena cabe bisa menghentikan otak dari bereaksi terhadap rasa sakit, sehingga Anda tidak merasakan nyeri. Namun jangan menggunakannya terlalu banyak karena dapat menyebabkan rasa panas di kulit.

Sebetulnya banyak sekali solusi obat asam urat alami dari tumbuhan yang membantu mengobati asam urat yang telah digunakan oleh orang-orang dahulu selama ratusan tahun yang dipercaya dan efektip membantu penyembuhan. 

Tag : Asam Urat
Back To Top