Kebugaran Jasmani

Manfaat Buah Kiwi Untuk Tidur Berkualitas


Buah kiwi sarat dengan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan yang kuat yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan perlindungan dan perbaikan sel. Kiwi juga kaya akan serat dan kalium yang berfungsi juga dalam memelihara kesehatan jantung dan fungsi pernafasan. Penelitian menunjukkan bahwa kiwi bermanfaat bagi anak-anak yang punya masalah pernapasan. Dengan semua manfaat ini, tak mengherankan bahwa kiwi sering disebut sebagai "makanan super" sebagai makanan dengan nilai gizi yang tinggi dan pelindung kesehatan.


manfaat kiwi


Berikut ini beberapa informasi  yang mungkin bisa membuat buah kiwi benar-benar disebut makanan super. Penelitian baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi  buah kiwi  memiliki manfaat yang signifikan untuk tidur nyenyak.

Para peneliti di Taiwan Taipei Medical University mempelajari efek mengkonsumsi buah kiwi pada tidur. Mereka menemukan bahwa makan kiwi setiap hari dikaitkan dengan kemajuan yang signifikan pada kualitas tidur dan kuantitas tidur yang baik. Studi mereka melibatkan 22 wanita dan dua pria antara usia 20-55 tahun. Semuanya mengalami gangguan tidur yang berbeda. Untuk periode empat minggu, para relawan memakan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur. Para peneliti mengumpulkan data tidur relawan selama periode penelitian dengan menggunakan buku harian tidur, kuesioner tidur kualitas standar dan jam tangan yang mengukur aspek kualitas dan kuantitas tidur. Setelah empat minggu mengkonsumsi kiwi, peneliti menemukan peningkatan yang signifikan untuk ukuran tidur mereka.

  • Orang-orang tertidur lebih cepat. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menunggu tertidur setelah pergi ke tempat tidur mengalami penurunan sebesar 35,4 persen.
  • Orang-orang tidur lebih nyenyak.  Jumlah waktu yang dihabiskan dalam periode terjaga setelah tertidur turun sebesar 28,9 persen.
  • Kualitas tidur membaik. Skor pada kualitas tidur berdasarkan kuosioner, di mana skor yang lebih rendah berarti lebih baik tidurnya,  mengalami penurunan sebesar 42,4 persen.
  • Efisiensi tidur yakni pengukuran jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur dibandingkan dengan jumlah total waktu yang dihabiskan di tempat tidur,  meningkat sebesar 5,41 persen.
  • Secara keseluruhan orang-orang tidur lebih banyak. Jumlah waktu tidur dari para sukarelawan meningkat sebesar 13,4 persen.
Ini adalah beberapa perbaikan yang cukup dramatis untuk kualitas, kuantitas dan efisiensi tidur. Kita perlu melakukan penelitian tambahan untuk mengeksplorasi efek buah kiwi terhadap tidur ini, tapi penemuan ini adalah awal yang cukup menarik.

Ada apa di balik  manfaat kiwi untuk tidur ini ? Ada beberapa karakteristik buah yang dapat membuat efek kuat terhadap tidur yakni tingkat antioksidan yang tinggi dan tingkat serotonin yang tinggi.

Sifat antioksidan yang memberikan begitu banyak manfaat kesehatan lainnya juga dapat membantu untuk meningkatkan tidur. Hubungan antara makanan yang berantioksidan dan tidur adalah salah satu hal yang mulai dipahami. Penelitian telah membentuk adanya hubungan terkait antara tidur dan antioksidan dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan penurunan kadar antioksidan, begitu  juga  pemulihan tidur  bisa membantu mengembalikan tingkat antioksidan.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan efek negatif dari apnea tidur obstruktif (gangguan tidur dengan gejala sulit bernapas berulang kali saat tidur) pada fungsi antioksidan, dan antioksidan pada vitamin C  efektif dalam mengobati masalah kardiovaskular yang terkait dengan apnea tidur. Tapi bagaimana perbaikan untuk tidur itu sendiri ? Memang belum banyak penelitian yang diarahkan pada peran antioksidan dan makanan yang kaya antioksidan dalam membantu meningkatkan kualitas  tidur. Namun studi terbaru ini dapat menunjukkan bagaimana peran buah kiwi dan makanan tinggi antioksidan lainnya dalam mengobati masalah tidur.

Selain kekuatannya sebagai antioksidan, buah kiwi juga tinggi  akan kandungan serotonin. Sebuah hormon yang juga berfungsi sebagai neurotransmitter dan terlibat dalam berbagai proses fisiologis.

Diantaranya, serotonin  memiliki fungsi dalam proses pencernaan dan kardiovaskular, membantu dalam proses pembelajaran dan memori/ingatan,  membantu untuk mengatur nafsu makan dan suasana hati. Kekurangan serotonin telah lama dikaitkan dengan depresi dan gangguan suasana hati. Hubungan serotonin dan depresi sebetulnya belum sepenuhnya dipahami dan peran yang tepat hormon ini dalam hubungannya dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya masih diperdebatkan di kalangan ilmuwan. Sedangkan dalam tidur, serotonin dalam tubuh memberikan kontribusi untuk beberapa aspek dari tidur, termasuk membantu dalam memulai kegiatan tidur serta mempertahankan tidur pada malam hari. Hormon ini terlibat dalam mengatur gerakan melalui tahapan tidur, termasuk waktu yang dihabiskan pada saat tidur nyenyak atau saat tidur pada gelombang lambat. Serotonin juga membantu untuk merangsang bangun terjaga di pagi hari.

Penelitian menunjukkan bahwa manipulasi tingkat serotonin (atas atau bawah) dapat meningkatkan atau menghambat kualitas tidur. Serotonin muncul untuk berinteraksi dengan melatonin, jenis hormon lain yang penting juga untuk proses tidur dalam membantu untuk mengatur siklus sirkadian tubuh serta fungsi fisiologis lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa menstimulasi tingkat serotonin pada gilirannya meningkatkan tingkat melatonin. Kehadiran konsentrasi serotonin yang relatif tinggi  dalam buah kiwi dapat menyebabkan kemampuan nyata untuk meningkatkan tidur.

Kiwi bukanlah satu-satunya makanan yang berpotensi meningkatkan tidur. Ada beberapa jenis makanan lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Makanan yang kaya magnesium dan kalium membantu meningkatkan relaksasi dan sirkulasi. Contoh diantaranya adalah sayuran hijau, pisang, kacang-kacangan, jeruk, tomat, dan biji-bijian. Makanan tinggi kalsium bisa membantu meningkatkan tingkat melatonin. Susu, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum merupakan sumber kalsium yang kuat.



============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Buah, Tidur
Back To Top