Kebugaran Jasmani

Haruskah Kampanye Anti Rokok Elektronik ?


Pembatasan harus dilakukan pada penjualan rokok untuk mencegah pembelian yang dilakukan oleh anak-anak, karena memang tidak ada larangan secara resmi terhadap batasan usia untuk membeli rokok. Pemerintah harus menetapkan aturan tegas pada iklan produk rokok dan para pemakai rokok, karena iklan memainkan peranan besar dalam memasarkan produk rokok, karenanya iklan produk-produk nikotin yang sifatnya glamor harus ditiadakan.

Perlu ada aturan tegas tentang apa sebenarnya yang diizinkan, sehingga kita tidak merasa bahwa produk yang mendorong kecanduan tersebut dianggap seoalah-olah sebagai produk sehat atau menguntungkan. Dengan adanya  larangan merokok di tempat umum setidaknya bisa meminimalisir akibat buruk dari dampak merokok terhadap perokok pasif.


rokok elektronik


Namun dengan adanya produk rokok elektronik, bisa-bisa mengalahkan kampanye kesehatan yang dicanangkan sebagai gerakan anti rokok, terutama dengan adanya  promosi yang kurang sreg tentang rokok elektronik kepada anak-anak dan non perokok sehingga mereka ikut mencobanya, padahal sama-sama mengandung nikotin. Tetapi yang lain berpendapat bahwa rokok elektronik bisa menjadi alternatif pengganti  tembakau sehingga dapat membantu menyelamatkan ratusan ribu nyawa.

Penelitian menunjukkan sekitar 1,3 juta perokok dan mantan perokok di Inggris menggunakan produk yang dirancang untuk meniru perilaku merokok tanpa menggunakan tembakau. Rokok elektronik mengubah nikotin dan bahan kimia lainnya menjadi sejenis uap yang terhirup, bukan asap.

Yang perlu diperhatikan pemerintah adalah jangan sampai  produk-produk yang mengandung nikotin ini dapat dipasarkan secara bebas dan dijual kepada anak-anak. Jika kita melongok ke negara lain, di Inggris, rokok elektronik akan berlisensi sebagai obat  dan akan diberlakukan mulai tahun 2016 di bawah peraturan baru yang akan diperkenalkan oleh Medicines and Healthcare Products Regulation Agency, badan yang mengatur obat-obatan di Inggris. Saat ini Inggris memiliki beberapa pembatasan penggunaan rokok elektronik tersebut.






============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Rokok
Back To Top