Kebugaran Jasmani

Kandungan Nutrisi Produk Beku dan Segar


Apakah produk beku sama kandungan nutrisinya dengan produk segar ?
Secara umum, kita cenderung berpikir bahwa produk beku seolah-olah kurang bergizi daripada produk segar sama halnya seperti pizza beku dan makan malam yang dipanaskan kembali pada microwave. Sebenarnya ini hanya masalah citra seolah-olah makanan fresh lebih bernutrisi padahal produk beku biasanya sama berkhasiat sebagaimana produk segar.

Umumnya, dibutuhkan beberapa hari sampai dua minggu untuk mendapatkan hasil pertanian dari petani sampai ke toko. Selama perjalanan tersebut, tentu ada nutrisi yang menghilang karena terkena panas, cahaya dan oksigen. Belum lagi jika produk tersebut dihasilkan beberapa lama sebelum musim dingin tiba, itulah sebabnya mengapa buah biasanya lebih mahal dan sulit ditemukan di musim dingin.

Sebaliknya, produk beku biasanya dipetik saat matang dan kemudian segera dibekukan. Inilah kunci supaya nutrisi tidak hilang, bahkan terkadang produk beku lebih bergizi daripada produk segar, tapi itu benar-benar tergantung pada jenis sayuran.

Brokoli beku, stroberi dan kacang hijau, semuanya memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan sampel sama tapi hanya didinginkan. Tapi bayam beku memiliki kekurangan vitamin C daripada bayem segar atau yang didinginkan. Ini mungkin karena bayam, ketika cincang, memiliki luas permukaan yang besar sehingga lebih banyak vitamin C yang dapat larut saat langkah blanching atau pencucian.

Penelitian demi penelitian menunjukkan hal yang sama yakni produk beku dan segar memiliki nilai gizi yang sama.  


produk beku


Cara membuat produk beku lebih terasa
Stigma sekitar produk beku tidak datang hanya dari  nilai gizi. Produk beku tidak terasa sama seperti produk segar, jadi sulit untuk membayangkan kalau produk beku itu menjadi sehat. Padahal akar masalahnya  adalah tekstur produk beku.

Untuk menghadapi itu, The Kitchn merekomendasikan pemakaian bumbu guna menghindari hidangan sederhana dan yang paling penting adalah mengukus sayuran dan bukan mendidihkan sayuran.

Cara tercepat untuk mengolah sayuran beku adalah dengan merebus mereka. Jika Anda tidak memiliki waktu atau keinginan untuk merebus, tempatkanlah sayuran dalam microwave dengan sedikit air. Pastikan bahwa jumlah air hanya berukuran 1/3 dari jumlah sayuran dan masaklah sampai  hangat saja. 



============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Nutrisi
Back To Top