Kebugaran Jasmani

Pentingnya Vitamin D Untuk Kesehatan Bayi


Setelah diet ketat selama kehamilan untuk memastikan bayi kita sehat dan juga diet untuk penurunan berat badan yang cepat bagi ibu setelah melahirkan, maka Dr Anjali Mathur, Konsultan Neonatologi di Moolchand Medcity di New Delhi, menyoroti  peran pentingnya vitamin D selama kehamilan dan menyusui terutama untuk kebutuhan bayinya.


vitamin D pada bayi


Berat badan ketika lahir sangat kecil
Vitamin D memainkan peran penting dalam pertumbuhan janin. Penelitian telah mendokumentasikan bahwa bayi yang lahir dari seorang ibu dengan tingkat konsumsi vitamin D sangat rendah akan cenderung memiliki berat badan lahir yang kecil.

Rakhitis dan tulang tengkorak sangat lunak pada saat lahir
Vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan tulang janin. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan keterlambatan dalam pematangan tulang bayi dan dapat menyebabkan rakhitis dan lunaknya tulang tengkorak  (kranio-tabes).

Penurunan massa tulang pada masa kanak-kanak
Vitamin D mulai memainkan peran penting bahkan sebelum kelahiran bayi. Pengaruh vitamin D yang minim pada janin, tidak hanya membuat tulang lemah saat lahir, tetapi juga mempengaruhi tulang-tulang di masa kanak-kanak dan dewasa.

Kesehatan otak
Kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat menyebabkan perkembangan  sistem kekebalan tubuh anak menjadi buruk dan kesehatan neurologis yang buruk. Pertumbuhan yang buruk setelah lahir juga merupakan akibat dari kekurangan vitamin D.

Kadar vitamin D
Jelas penting bagi wanita hamil untuk mempertahankan nilai 25-hydroxyvitamin D lebih dari 20 ng/ml (50 nmol/L) sehingga bayi lahir dengan tingkat yang sama.

Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menyerap kalsium dan mineral. Rachitis disebabkan karena tidak memadainya asupan vitamin D dan paparan sinar matahari yang cukup pada anak-anak dan bayi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D memainkan peranan penting dalam menjaga kekebalan bawaan dan mencegah penyakit seperti kanker dan diabetes.

Meskipun air susu ibu kandungan vitamin D-nya rendah, namun bayi bisa menyerap dengan baik. Sehingga,  dengan tidak memadainya tingkat vitamin D pada ASI menimbulkan kekhawatiran bagi mereka yang memberikan ASI eksklusif, apalagi jika mereka  tidak terkena sinar matahari. Begitu juga orang-orang dengan kulit gelap akan menerima kekurangan vitamin D dari jumlah yang sama dari paparan sinar matahari daripada bayi dengan kulit yang lebih ringan.

Jika kedua bayi disusui dan ibu kekurangan vitamin D maka resiko buruk bayi lebih tinggi. Menurut American Academy of pediatrics untuk semua bayi, anak-anak dan remaja harus mengambil 400 IU vitamin D setiap hari, terutama dalam beberapa hari pertama setelah lahir.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Anak, Vitamin
Back To Top