Kebugaran Jasmani

Tips Pencegahan Penyakit Jantung


Merokok, kurangnya aktivitas fisik, kecanduan alkohol dan stres merupakan faktor risiko penyebab penyakit jantung. Tapi, membuat beberapa perubahan untuk pemilihan makanan dan gaya hidup dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Jadi, cukup ikuti tips ini untuk mencegah penyakit jantung.


Tips Pencegahan Penyakit Jantung


Perhatikan ukuran porsi makan Anda 
Satu porsi adalah berapa banyak makanan yang Anda pilih untuk dimakan pada satu waktu, baik di restoran, dari makanan kemasan atau di rumah. Ambillah sejumlah makanan yang ukurannya sama dengan satu porsi. Kontrol asupan lemaknya, kandungan sodiumnya dan jumlah kalori dari makanan tersebut.

Makan lebih banyak buah dan sayuran 
Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat, bisa menangkal penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Sangat baik mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena memang sangat diperlukan untuk kesehatan jantung, karena penuh kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan fitonutrien, yang mudah diasimilasi oleh tubuh kita. Dan apakah ada cara lain yang lebih baik untuk meningkatkan metabolisme dan mencegah penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mengkonsumsi jus buah dan sayuran organik ? Ini adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga tubuh kita dari terhidrasi.

Melewatkan lemak 
Anda perlu membatasi jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung. Akumulasi lemak dalam arteri dapat menyebabkan aterosklerosis. Beralihlah ke minyak sehat seperti minyak biji rami, minyak canola,  dan minyak zaitun. Ketika memilih makanan ringan, bacalah label dan periksa produk yang menyebutkan 'mengurangi lemak' pada produk itu. Lemak tak jenuh ganda juga merupakan pilihan yang baik untuk diet jantung sehat.

Olahraga
Sekitar 30 menit aktivitas moderat seperti jalan cepat setidaknya lima hari seminggu sangat penting untuk orang dewasa. Anak-anak dan anak muda dapat berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Juga, 30-60 menit latihan moderat setiap minggu akan membakar sekitar 600-1200 kalori per minggu. Olahraga teratur juga menurunkan risiko seseorang dari penyakit jantung hampir 40 persen.

Berhenti Merokok 
Menurut sebuah studi yang dilakukan, merokok hanya 1-4 batang sehari hampir tiga kali lipat risiko perokok dari penyakit jantung dan kanker paru-paru. Merokok dan tembakau merupakan salah satu faktor risiko utama untuk semua penyakit jantung karena merokok menyempitkan pembuluh darah menyebabkan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan serangan jantung.




============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Penyakit, Tips
Back To Top