Kebugaran Jasmani

Apakah Anda Sudah Cukup Mengkonsumsi Sayuran Berkalori ?


Selada air, kubis Cina, lobak dan bit hijau adalah jenis sayuran yang paling padat nutrisinya, vitamin dan juga mineral berkalori tinggi, demikian menurut sebuah laporan studi terbaru. Kandungan nutrisinya melebihi jauh dengan kandungan yang dimiliki pada raspberry, jeruk dan bawang.

Maka tidak heran jika para ahli gizi menekankan untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena memang sangat terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis.

Oleh karena itu diperlukan adanya pengetahuan jumlah nilai gizi sayuran sehingga masyarakat bisa mengetahui mana sayuran  terbaik yang memenuhi syarat sebagai makanan pembangkit kalori. Hal ini akan membantu konsumen untuk fokus pada kebutuhan energi sehari-hari mereka dan cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan nutrisi makanan mereka. Pengetahuan nilai kandungan gizi ini akan memberikan kejelasan pada kualitas nutrisi dari tiap makanan yang berbeda dan dapat membantu dalam pemilihan makanan bernutrisi khususnya kelompok  makanan pembangkit kalori.

Berdasarka hasil penelitian di Noia, beberapa sayuran yang merupakan rajanya nutrisi adalah sayuran yang berdaun hijau dan gelap telah mendominasi 10 besar. Diantaranya adalah selada, kubis, lobak, bit hijau, bayam, sawi putih, peterseli dan collard hijau.

Semua sayuran di atas banyak mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, riboflavin, niasin dan folat, nutrisi yang melindungi orang terhadap kanker dan penyakit jantung. Sayuran tersebut juga memiliki banyak serat dalam daun karena di sanalah, sayuran menyimpan nutrisi mereka.

Orang-orang yang membuang bagian sayuran berdaun  seperti seledri, wortel atau bit, sama dengan membuang beberapa nutrisi yang sangat baik.

Enam buah-buahan dan sayuran yang tidak termasuk daftar sebagai makanan pembangkit tenaga adalah raspberry, jeruk, cranberry, bawang putih, bawang merah dan blueberry. Sementara semuanya mengandung vitamin dan mineral, tapi memiliki sedikit nutrisi penting.

Orang-orang akan mendapatkan gizi yang baik dari sayuran tersebut, baik dengan cara memakan mentah atau dimasak dahulu, asalkan tidak direbus terlalu lama. Dengan memakan mentah,  Anda akan memiliki 100 persen dari vitamin dan mineral. Ketika Anda memasaknya, Anda mungkin kehilangan sebagian kecil walaupun itu tidak signifikan.

Air mendidih, bagaimanapun dapat menguras kandungan vitamin B, vitamin C dan nutrisi lainnya. Jadi akan lebih bijak jika Anda memasak untuk merebus bayam atau collard hijau, air rebusan yang kaya nutrisi tersebut harus digunakan kembali sebagai saus atau sup.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Makanan
Back To Top