Kebugaran Jasmani

Menu Makan Siang Sehat untuk Diet


Menu diet sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang, tentunya dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh tiap harinya. Menu ini bukan hanya diperuntukkan untuk mereka yang sedang diet, tapi bagi semua orang yang ingin hidup sehat.

Untuk postingan di blog Info Sehat kali ini Saya hanya akan menjelasakan contoh menu makan siang sehat untuk diet, sedangkan menu sarapan dan makan malam, nanti insya Allah akan Saya posting di lain waktu.

Perlu diketahui juga bahwa jika kita menginginkan program dietnya sukses, tentu kita harus bisa mengendalikan nafsu makan. Jika biasanya di saat makan siang, kita terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan berat yang tinggi kalori dan karbohidrat, maka coba kita sedikit demi sedikit mengurangi ataupun menggantikannya dengan sayur buah-buahan segar.

Sebagai contoh, kita bisa menggantikan nasi dengan kacang-kacangan atau polong-polongan yang rendah kalori walaupun jumlah porsinya sama dengan nasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa trik yang ada hubungannya dengan menu makan siang sehat untuk diet.

Dahulukan makan buah-buahan 
Sebelum menyantap makan siang, sebaiknya kita makan buah-buahan terlebih dahulu karena kandungan serat dalam buah-buahan dapat membuat anda merasa mudah kenyang sehingga makan siang yang pun akan sedikit berkurang.

Pilih sup
Memilih sup sebagai menu makan siang, berarti kita mendapatkan kalori yang lebih sedikit daripada mengkonsumsi makanan lain. Mengapa ? Karena jika kebanyakan kalori di dalam tubuh dan tidak terpakai, maka akan diubah menjadi lemak.


Menu Makan Siang Sehat untuk Diet


Makanlah dengan santai
Berdasarkan sebuah hasil studi bahwa mengunyah makanan dengan perlahan-lahan akan mempercepat proses kenyang pada perut kita. Hal ini sejalan dengan keyakinan dalam agama Saya, bahwa seorang muslim hendaknya mengunyah makanan sampai 40 kali kunyahan barulah ditelan.

Memperbanyak protein
Tubuh memerlukan protein untuk meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan. Beberapa makanan yang banyak mengandung protein diantaranya ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan.

Jadi intinya, menu makan siang yan perlu dipersiapkan adalah :
- buah-buahan
- sayur sup
- makanan berprotein

Untuk variasinya, tergantung kesukaan saja, karena masing-masing berbeda keinginannya.

Sumber :
http://konsultasidiet.net/menu-makanan/jam-dan-menu-makan-siang-untuk-diet-sehat/

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Diet, Menu makan
Back To Top