Kebugaran Jasmani

Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Anak


Sebelum Saya membahas lebih jauh tentang obat tradisional susah buang air besar untuk anak, izinkan Saya membahas dahulu sedikit tentang definisi dan penyebab susah buang air besar alias sembelit.

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang paling umum pada anak-anak dan menjadi penyebab rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anak-anak, bahkan jika dibiarkan bisa menjadi masalah kronis, menimbulkan frustrasi bagi anak-anak dan tentunya orang tua. Bagi orang tua, tentu sangat menyakitkan menyaksikan anak-anaknya mengalami rasa sakit dan tidak nyaman akibat gangguan ini.

Penyebab paling umum dari sembelit pada anak-anak adalah bukan karena adanya kelainan anatomis pada tubuh atau masalah organik lainnya. Umumnya anak-anak yang mengalami sembelit karena kurangnya asupan serat dan pola perilaku tertentu. Mereka mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dan tidak cukup mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi. Makanan tersebut biasanya terdapat pada makanan junk food, fast food atau makanan olahan. Kebanyakan anak-anak tidak mengkonsumsi buah dan sayuran yang justru diperlukan untuk asupan serat yang tepat setiap hari.

Alasan lainnya adalah anak-anak mungkin menahan buang air besar secara sengaja atau menahan bab karena mereka tidak ingin berhenti bermain dan malah menunda aktivitasnya ke toilet. Anak-anak yang menahan keluarnya feses, maka akan menyebabkan feses semakin menumpuk dan menjadi lebih keras serta lebih menyakitkan untuk dikeluarkan.

Ketika masalahnya menjadi kronis dan membutuhkan perubahan perilaku, maka tentu akan memakan waktu yang lama untuk proses pengobatan. Mengobati sembelit kronis pada anak-anak tidak mudah, dan tidak ada pil ajaib untuk bisa menyembuhkannya secara instan. Akan membutuhkan waktu, kesabaran, dan upaya keras untuk mengatasi sembelit dan melewati itu.

Ada 3 langkah utama dalam "mengembalikan" usus anak Anda menjadi normal kembali yaitu :
- mengevakuasi dari timbunan kotoran,
- melembutkan feses, dan
- mengubah pola hidup

Langkah pertama, sangat mendesak untuk dilakukan karena Anda sebagai orang tua dituntut segera mengobati masalah ini dan mencari tahu apa yang menjadi penyebab adanya sumbatan seperti ini. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus segera memakai obat pencahar kimia yang telah direkomendasikan dokter atau bisa juga menggunakan obat tradisional susah bab.

Untuk pencahar kimia, banyak ditemukan di apotek, baik yang dikonsumsi dalam bentuk sirup maupun yang dimasukkan dalam rectum. Sebagai contoh, merk terkenal yang ada di Indonesia adalah M**lax. Obat pencahar ini banyak ditemukan dalam bentuk tube dan bisa dipakai maksimal sekali dalam sehari dan menurut pengalaman Saya, dalam hitungan menit saja, anak sudah bisa langsung bab. Bahkan ketika Saya pergi ke dokter pun, mereka malah meresepkan obat ini walaupun memang dikasih obat lainnya semacam prebiotik.

Hanya saja obat pencahar jenis ini kurang baik dipakai untuk jangka panjang, jadi gunakan saja saat benar-benar dibtuhkan. Selebihnya kita sebagai orang tua harus bisa mengubah pola hidup anak menjadi lebih sehat sebagai bentuk strategi preventif yang merupakan cara yang efisien dan hemat biaya untuk mengatasi sembelit pada anak-anak.

Langkah ke 2, agar anak kita tidak kembali ke jurang yang sama alias sembelit kembali, maka harus merubah pola makan. Masalahnya jika ia kembali ke kebiasaan sebelumnyanya maka masalah yang sama akan terulang lagi.

Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Anak


Di sini ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak dalam sehari-hari yaitu :
  • Makanan berserat  yakni sebanyak 5 porsi buah atau sayuran dalam sehari. Buah atau sayuran dengan kandungan serat yang tinggi adalah  aprikot, plum, kismis, kacang polong, kacang-kacangan lainnya dan brokoli. Hindari buah pisang karena malah bisa menimbulkan sembelit.
  • Produk dari gandum 100% semisal roti gandum.
  • Serat pada sereal
  • Beras merah
  • Karbohidrat non absorble contohnya plum, pir dan jus apel
  • Minum banyak air
  • Meningkatkan aktivitas fisik karena dapat membantu membuat usus bergerak juga.

Beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi anak dalam sehari-hari yaitu :
  • Karbohidrat putih dan makanan bergula sederhana seperti permen, roti putih, minuman soda.
  • Makanan cepat saji, kalau maksa cukup sekali seminggu
Langkah ke 3 adalah merubah gaya hidup dan ini harus dirubah secara bertahap. Beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk merubah gaya hidup anak adalah dengan cara :
  • Membuat sebuah tulisan tentang sesuatu yang ada hubungannya dengan pola hidup anak agar bisa berubah menjadi lebih baik. Silahkan berfikir kreatif.
  • Memberikan hadiah untuk setiap keberhasilan anak bisa bab sendiri misalnya membeli mainan baru di toko.
  • Usahakan jongkok di toilet selama 10 menit setelah habis makan atau pada waktu akan mandi. 
Hasilnya akan terlihat secara bertahap, jadi jangan berharap bisa sukses dalam semalam. Hindari pikiran negatif apapun, dan tetap selalu berpositif selama proses berlangsung. Mungkin ada saja saat kambuh datang lagi namun jangan berkecil hati karena pasti ada solusinya.

Semoga artikel tentang obat tradisional susah buang air besar untuk anak ini bisa bermanfaat khususnya buat anak-anak bunda yang sedang menderita sembelit.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : buang air besar
Back To Top