Kebugaran Jasmani

Gejala Bau Mulut


Sebelum Saya bahasa gejala bau mulut, Saya jelaskan sedikit gambarannya. Bau mulut, atau yang juga disebut halitosis, sungguh dapat memalukan dan bahkan dalam beberapa kasus  dapat menyebabkan kecemasan.

Maka tidak heran kalau rak-rak toko dipenuhi dengan permen karet, permen, obat kumur, dan produk lain yang dirancang untuk melawan bau mulut. Tetapi banyak dari produk ini hanya merupakan solusi sementara karena tidak mengatasi penyebab masalah.

Makanan tertentu, kondisi kesehatan dan kebiasaan seseorang adalah di antara penyebab bau mulut. Dalam banyak kasus, Anda dapat meinimalisasi bau mulut dengan kebersihan gigi yang tepat dan konsisten.

Jika teknik perawatan yang dilakukan diri sendiri tidak menyelesaikan masalah, maka lebih baik temui dokter gigi atau dokter Anda untuk memastikan adanya kondisi yang lebih serius yang menyebabkan bau mulut tersebut.

Gejala Bau Mulut

Gejala Bau Mulut

Bau mulut tak sedap ini sangat bervariasi, tergantung pada sumber atau penyebab yang mendasarinya. Sebagian orang terlalu khawatir dengan aroma napas mereka meskipun mereka mengalami sedikit atau bahkan tidak mengalami bau mulut, sementara yang lainnya memiliki bau mulut namun tidak menyadarinya. Karena sulit sekali menilai bau tidaknya napas Anda oleh sendiri, maka untuk mengetahuinya mendingan tanyakan pada teman dekat atau kerabat untuk mengonfirmasi hal itu.

Jika Anda memiliki bau mulut, tinjaulah semua kebiasaan dalam menjaga kebersihan mulut Anda. Cobalah melakukan perubahan gaya hidup, seperti menyikat gigi dan lidah setelah makan, menggunakan benang gigi, dan minum banyak air.

Jika bau mulut Anda berlanjut setelah mekukan perubahan seperti itu, sebaiknya temui dokter gigi Anda. Jika dokter gigi Anda mencurigai suatu kondisi yang lebih serius yang menyebabkan bau mulut tersebut, ia mungkin merujuk Anda ke dokter lain untuk menemukan penyebab bau tersebut.

Penyebab Bau Mulut

Sebagian besar bau mulut, terjadi di mulut Anda, dan ada banyak kemungkinan penyebabnya. Penyebab itu diantaranya adalah :

Makanan
Kerusakan partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi Anda dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau busuk. Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga dapat menyebabkan bau mulut. Setelah Anda mencerna makanan ini, makanan memasuki aliran darah Anda, dibawa ke paru-paru Anda dan mempengaruhi napas Anda.

Produk tembakau
Merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih mungkin menderita penyakit gusi dan sumber bau mulut lainnya.

Kurang menjaga kebersihan gigi
Jika Anda tidak menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang setiap hari, maka partikel makanan tetap berada di mulut Anda dan menyebabkan bau mulut. Lapisan bakteri (plak) yang tidak berwarna dan lengket terbentuk pada gigi Anda.

Jika tidak disikat, plak dapat mengiritasi gusi Anda dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi Anda (periodontitis). Lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak pas dapat menampung bakteri penyebab bau dan partikel makanan.

Mulut kering
Air liur membantu membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Suatu kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun.

Mulut kering secara alami terjadi selama tidur, dan akan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh adanya masalah dengan kelenjar ludah Anda dan beberapa penyakit.

Obat-obatan
Beberapa obat secara tidak langsung dapat mengakibatkan bau mulut karena bisa mengakibatkan mulut kering. Sebagian obat lainnya yang masuk ke dalam tubuh, akan melepaskan bahan kimia yang bisa berpengaruh pada aroma napas Anda.

Infeksi di mulut
Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau sebagai akibat dari kerusakan gigi, penyakit gusi atau luka mulut.

Kondisi mulut, hidung, dan tenggorokan
Bau mulut kadang-kadang dapat berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan tetesan postnasal, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Penyebab lainnya
Penyakit, seperti beberapa kanker, dan kondisi seperti kelainan metabolisme, dapat menyebabkan bau napas yang khas akibat bahan kimia yang mereka hasilkan. Refluks asam lambung kronis (penyakit refluks gastroesofageal, atau GERD) dapat dikaitkan dengan bau mulut. Bau mulut pada anak kecil bisa disebabkan oleh benda asing, seperti sepotong makanan, bersarang di lubang hidung.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar gejala bau mulut dan beberapa penyebab bau mulut. Dengan demikian, setelah kita tahu informasi ini, kita bisa berjaga-jaga sehingga bau mulut bisa kita hindari.

Sumber :
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : bau mulut
Back To Top