Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Kesehatan

Mungkin ada siswa SMP atau SMA yang punya pekerjaan rumah pelajaran Kimia dan bertanya pada Google dengan pertanyaan "Jelaskan peranan ilmu kimia dalam bidang kesehatan !" lalu akhirnya ketemu dengan blog ini. Baiklah Saya akan coba jawab pertanyaan tadi dengan penjelasan sebagai berikut.

Ilmu kimia jelas sangat berperan penting dalam bidang kesehatan, karena tanpa ilmu kimia, kayaknya bidang atau industri kesehatan akan berat sebelah. Coba lihat di apotek atau di warung-warung yang menjual obat. Apakah para pembuat obat meraciknya tanpa aturan atau dosis tertentu ? Jelas, bahwa mereka membuat obat dari bahan kimia dengan takaran tertentu agar berkhasiat dan tidak membahayakan tubuh. Para ahli menggunakan rumus kimia dalam menentukan dosis yang tepat dari suatu obat tertentu. Intinya, ilmu kimia sangat berperan penting dalam menentukan komposisi dan dosis obat tertentu agar sesuai atau tepat dengan fungsinya. Demikian juga dalam proses pembuatan antibiotik, sama halnya dengan proses pembuatan obat.

Selain untuk meramu obat, ilmu kimia juga berperan penting dalam mendiagnosa suatu penyakit melalui pengecekan darah, urine atau cairan lain di tubuh manusia di laboratorium. Misalnya untuk mengetahui kadar glukosa dalam darah, kadar hormon, kadar protein dan lain sebagainya yang tentunya sangat membantu untuk mengobati mereka yang mengalami gangguan kesehatan yang terkait dengan hal tersebut. Bahkan ilmu kimia ini bisa membatu pihak kepolisian untuk menentukan positif tidaknya seseorang menggunakan narkoba sehingga secara hukum bisa segera dilakukan prosedur hukum dan secara kesehatan bisa segera diatasi agar mereka tidak kecanduan lagi akan narkoba.


Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Kesehatan


Masih terkait dalam peranan ilmu kimia dalam bidang kesehatan adalah dalam bidang kedokteran. Dimana dibutuhkan peranan ilmu kimia dalam beberapa tindakan medis, misalnya penggunaan obat untuk menghilangkan kesadaran atau untuk mematikan rasa pada area tubuh tertentu dalam prosedur operasi semacam operasi cesar, operasi plastik, khitan dan lain sebagainya.

Dengan pemahaman para ahli kimia, kita bisa mengenal bahan kimia apa aja yang terbaik untuk pertumbuhan badan kita. Misalnya, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, protein yang terdiri dari asam amino diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Hal ini mendorong para peneliti lainnya untuk menentukan atau mengklasifikasikan makanan apa saja yang sehat dan mengandung nutrisi tertentu untuk bisa dikonsumsi dan membantu meringankan berbagai penyakit.

Tentu banyak point lainnya yang berhubungan dengan peranan ilmu kimia dalam bidang kesehatan yang tak bisa Saya jelaskan secara detail dalam blog info kesehatan ini, mengingat keterbatasan ilmu Saya. Tentu sobat bisa cari informasi lainnya melalui mbah Google, pasti akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi di blog lain.


Tag : Kimia
Back To Top