Kebugaran Jasmani

Khasiat atau Manfaat Bawang Putih Lanang atau Bawang Putih Tunggal


Bawang putih lanang telah lama menjadi teman setia dari orang-orang yang bergelut di dunia masak-memasak.Tidak banyak yang tahu bahwa rempah-rempah yang satu ini memiliki berbagai khasiat dan kegunaan. Salah satu khasiat bawang putih lanang adalah mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Bawang putih lanang mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, bawang putih lanang juga mengandung allicin sebagai anti kolesterol.

Bawang putih lanang adalah bawang putih yang tumbuh dengan biji bawang yang menggantung pada batang pohonnya, berbentuk bulat dan berwarna putih bersih.

Manfaat bawang putih lanang antara lain untuk :
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika kadar kolesterol darah menurun, maka akan terhindar dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  • Pencegahan kanker. Kandungan sulfida dalam bawang putih dapat membantu hati dalam mengeluarkan bahan kimia beracun atau bahan kimia penyebab kanker. Makan bawang putih secara teratur akan terhindar dari serangan kanker dalam tubuh.
  • Mengobati flu. Rasa dan bau khas bawang putih dapat meningkatkan kerja selaput lendir yang ada di saluran pernapasan sehingga proses bernapas menjadi lega dan bebas lendir penyebab hidung tersumbat.
  • Sebagai pengontrol penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu, orang-orang penderita diabetes tidak boleh makan makanan manis dan berlemak terlalu banyak. Hal ini akan membuat mereka mudah lemas dan loyo. Bawang putih lanang yang terdapat di dalam makanan olahan dapat meningkatkan stamina Anda sehingga manfaat dari makanan tersebut bisa didapat.
  • Bagi yang memiliki sakit maag, Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai pencegah nyeri lambung sebelum menyerang. Kupas dan cuci bawang putih lalu mengunyahnya. Lakukan tiga kali sehari.
  • Mengatasi asma, pilek, dan batuk. Bawang putih tunggal dihaluskan dan dicampur dengan gula batu atau madu. Lalu, disaring dan diminum setiap pagi. 
  • Dapat meningkatkan stamina
  • Sebagai anti infeksi bagi tubuh. 

Manfaat Bawang Putih Lanang


Tumbuhan yang tersebar hampir di seluruh kepulauan Indonesia ini bisa dibuktikan khasiatnya. Kandungan kimia di dalam bawang tidak hanya terdapat dalam dagingnya, tetapi juga terdapat pada batang umbi.

Saat ini banyak dijual kapsul bawang putih untuk memudahkan konsumen dalam meminumnya. Pasen dengan hipertensi dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan kalsiumnya tinggi. Saltivine dalam bawang putih dapat membantu orang dalam proses regenerasi sel.

Jika Anda khawatir dengan anak-anak karena mereka sering bermain dengan tanah dan tempat kotor, maka disulfida bawang putih bertindak sebagai antibakteri dan anti cacingan.

Hanya Anda harus berhati-hati dari bau yang ditimbulkan setelah Anda memakannya. Bau bisa dihilangkan tidak dengan makan permen, tapi dengan minuman hangat, seperti air teh hangat atau kopi panas.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : tanaman herbal
Back To Top