Kebugaran Jasmani

Pendekatan Epidemiologi dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat


Sebelum Saya membahas tentang pendekatan epidemiologi dalam ilmu kesehatan masyarakat, sepatutnya Saya jelaskan terlebih dahulu definisi dari epidemiologi.

Secara umum, epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terjadi terhadap penduduk atau lebih khususnya ilmu yang mempelajari peristiwa dan distribusi semua masalah yang terkait dengan masalah kesehatan dan faktor yang mempengaruhinya.

Banyak juga para ahli yang memberikan definisi dari epidemiologi, namun Saya tidak akan menulisnya karena terlalu  banyak dan panjang. Tapi intinya definisinya sama seperti apa yang Saya tuliskan di atas.

Cakupan epidemiologi yaitu distribusi penyakit, frekwensi penyakit dan determinan penyakit. Yang dipelajari di dalam epidemiologi adalah penyebaran penyakit, jumlah kasus penyakit yang terjadi dan penyebab timbulnya penyakit.

Lalu untuk apa epidemiologi dipelajari ? Yang jelas, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab, mencari data untuk mengambil keputusan, mengevaluasi program kesehatan serta menanggulangi dan memecahkan masalah yang terjadi.

Dengan demikian, epidemiologi adalah bisa diumpamakan sebagai tool atau alat, metode atau pendekatan. Berbicara masalah pendekatan epidemiologi, maka terbagi mejadi 3 bagian yaitu :
1.   Pendekatan logis
2.   Pendekatan progmatif
3.   Pendekatan politis

Baik Saya jelaskan satu persatu. Pendekatan logis adalah pendekatan ilmiah sesuai dengan dasar teori melalui program-program dengan menggunakan indikator morbiditas dan mortalitas. Pendekatan progmatif adalah pendekatan yang berkeinginan bebas dari rasa sakit dan rasa tidak nyaman. Sedangkan Pendekatan politis adalah pendekatan dengan pertimbangan pendapat orang-orang penting dalam pengambilan keputusan.

Sampai sini mungkin Anda masih ngambang dengan artikel yang ditulis ini. Nggak apa-apa Anda bisa lihat di blog lainnya yang lebih lengkap. Saya hanya membahas secara garis besarnya saja. 

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : epidemiologi
Back To Top