Kebugaran Jasmani

Hormon Yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Manusia



Macam macam hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan fungsinya - Sebelum Saya mulai, ada baiknya Saya kemukakan dahulu pengertian hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan (Growth Hormone/GH), juga dikenal sebagai somatotropin adalah hormon peptida yang mekanisme kerja hormon pertumbuhan ini adalah merangsang pertumbuhan, reproduksi sel, dan regenerasi sel pada manusia dan juga hewan. Dengan demikian fungsi hormon pertumbuhan ini sangat penting dalam perkembangan tubuh manusia. Hormon ini adalah jenis mitogen yang khusus hanya untuk jenis sel tertentu. Hormon pertumbuhan ini adalah 191-amino acid, rantai tunggal polipeptida yang disintesis, disimpan, dan disekresi oleh sel somatotropic dalam sayap lateral kelenjar hipofisis anterior.

GH adalah hormon stres yang menimbulkan konsentrasi glukosa dan asam lemak bebas serta merangsang produksi IGF-1. Suatu bentuk rekombinan dari hGH disebut dengan somatropin (INN) yang digunakan sebagai obat resep untuk mengobati anak-anak yang punya masalah gangguan pertumbuhan dan kekurangan hormon pertumbuhan.

Dalam perannya sebagai agen anabolik, HGH telah digunakan oleh atlet dalam olahraga setidaknya sejak tahun 1982, dan telah dilarang oleh IOC dan NCAA. Analisis urin tradisional tidak mendeteksi adanya doping dengan menggunakan HGH, sehingga larangan itu tidak dapat dilaksanakan sampai awal 2000-an, ketika tes darah yang bisa membedakan antara HGH alami dan buatan mulai dikembangkan. Tes darah yang dilakukan oleh WADA di Olimpiade 2004 di Athena, Yunani ditargetkan terutama untuk HGH dan penggunaan obat tersebut untuk peningkatan kinerja, saat ini tidak disetujui oleh FDA.

Pengaruh hormon pertumbuhan pada jaringan tubuh secara umum dapat digambarkan sebagai anabolik (pembangun). Seperti kebanyakan hormon protein lainnya, GH bertindak dengan cara berinteraksi dengan reseptor spesifik pada permukaan sel. Meningkatnya tinggi badan selama masa kanak-kanak adalah efek dari GH. Tinggi badan tersebut dirangsang oleh dua mekanisme yaitu :
  • Karena hormon polipeptida tidak larut dalam lemak sehingga mereka tidak dapat menembus membran sel. Dengan demikian, GH akan mengikat reseptor pada sel target, di mana akan mengaktifkan jalur MAPK/ERK. Melalui mekanisme ini GH langsung merangsang pembagian dan perkalian dari kondrosit tulang rawan.
  • GH juga merangsang melalui jalur sinyal JAK-STAT, produksi IGF-1, sebuah homolog hormon untuk proinsulin. Hati adalah target organ utama GH untuk proses ini dan merupakan tempat dimana IGF-1 produksi. IGF-1 memiliki efek dalam merangsang pertumbuhan  pada berbagai macam jaringan. Tambahan IGF-1 yang dihasilkan dalam jaringan target, sehingga hormon endokrin dan autokrin/parakrin menjadi lebih baik. IGF-1 juga memiliki efek stimulasi pada osteoblas dan aktivitas kondrosit untuk meningkatkan pertumbuhan tulang.


Di samping meningkatkan tinggi pada anak-anak dan remaja, hormon pertumbuhan memiliki banyak efek lain pada tubuh yaitu :
  • Meningkatkan retensi kalsium dan memperkuat dan meningkatkan mineralisasi tulang
  • Meningkatkan massa otot melalui sarkomer hipertrofi
  • Meningkatkan lipolisis
  • Meningkatkan sintesis protein
  • Merangsang pertumbuhan semua organ internal termasuk otak
  • Berperan dalam homeostasis
  • Mengurangi penyerapan glukosa oleh hati 
  • Meningkatkan glukoneogenesis di hati
  • Berperan dalam pemeliharaan dan fungsi kelenjar pankreas
  • Merangsang sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan deiodinasi dari T4 ke T3 
Sementara itu, efek dari defisiensi hormon pertumbuhan sangat bervariasi tergantung pada usia ketika mereka kekurangan hormon tersebut. Pada anak-anak, kegagalan pertumbuhan dan perawakan yang pendek adalah ciri utama dari defisiensi GH, dengan penyebab umum diantaranya kondisi genetik dan cacat bawaan. Hal ini juga dapat menyebabkan kematangan seksual menjadi tertunda. Pada orang dewasa, kekurangan hormon ini jarang terjadi, dan jika ada hal ini disebabkan oleh adenoma hipofisis, termasuk kelanjutan dari masalah yang terjadi ketika anak-anak, lesi struktural lain atau trauma, dan GHD idiopatik. Orang dewasa dengan GHD "cenderung memiliki peningkatan relatif massa lemak dan penurunan relatif dalam massa otot dan dalam banyak kasus, terjadi penurunan energi dan kualitas hidup. 

Diagnosis defisiensi GH melibatkan proses diagnostik beberapa langkah, biasanya diakhiri dengan tes stimulasi GH untuk melihat apakah kelenjar pituitari pasien akan memperlihatkan sebuah pulsa GH ketika diprovokasi oleh berbagai rangsangan atau tidak.

Efek psikologis yang terjadi ketika kekurangan hormon ini berpengaruh pada :
  • Kualitas hidup. Beberapa studi, terutama yang melibatkan pasien dengan defisiensi GH, telah menyarankan peran penting dari GH pada mental dan kesejahteraan emosional dan mempertahankan tingkat energi yang tinggi. Orang dewasa dengan defisiensi GH sering memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengalami defisiensi GH. Sementara itu terapi penggantian GH telah diusulkan untuk mengobati depresi sebagai akibat dari defisiensi GH. Sedangkan efek jangka panjang dari terapi tersebut belum diketahui. 
  • Fungsi kognitif. GH juga telah dipelajari dalam konteks fungsi kognitif, termasuk belajar dan memori.  GH pada manusia tampaknya menginduksi fungsi kognitif dan mungkin berguna dalam pengobatan pasien dengan gangguan kognitif yang merupakan hasil dari defisiensi GH. 
Demikianlah informasi yang berkenaan dengan hormon pertumbuhan manusia yang apabila Anda kurang mengerti dengan pembahasan ini, silahkan baca saja langsung di webnya di Wikipedia. Selanjutnya baca : fungsi tes kebugaran jasmani


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Hormon
Back To Top