Kebugaran Jasmani

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan


Ketumbar umumnya dikenal sebagai Dhania di India, Cilantro di Amerika dan sebagian Eropa. Ketumbar adalah tanaman rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Jika selama ini Anda mengetahui bahwa ketumbar sebagai salah satu bumbu dapur wajib di sejumlah sajian nusantara, kini saatnya Anda tahu lebih banyak tentang biji ketumbar yang juga digunakan sebagai dapur rempah-rempah di hampir semua masakan Asia.

Di balik rasa legit yang tercipta dan aroma menyegarkan yang mencirikannya, ada deretan manfaat ketumbar yang sangat baik bagi kesehatan. Dan semua manfaat ketumbar tersebut diperoleh dari sejumlah kandungan gizi yang tersimpan dalam biji dan daunnya yang segar. Apa saja kandungan nutrisi dan senyawa penting dari ketumbar tersebut ?

Kandungan Nutrisi dari Ketumbar


Menurut Whfood, sejumlah nutrisi penting dan senyawa dalam ketumbar meliputi:

Vitamin
Kandungan vitamin K, A, B, E dan C di setiap 10 gram biji ketumbar berada pada tingkat yang relatif tinggi. Bahkan kadar vitamin K dalam biji ketumbar bisa mencapai 30% dari kebutuhan tubuh. Vitamin K sangat penting dalam tubuh seperti membantu proses penyembuhan luka, untuk mencegah pendarahan di dalam, penguatan tulang dan banyak lagi.

Mineral
Dalam setiap 100 gram biji ketumbar kering diperoleh setidaknya sejumlah mineral penting untuk tubuh, termasuk kalsium, mangan, besi, fosfor, kalium, magnesium dan sodium. Sama sekali tidak berada dalam tingkat kandungan yang tinggi, tapi hanya berkisar antara 3% sampai 7%. Namun jumlah ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi.

Senyawa penting
Pada biji ketumbar juga ditemukan sejumlah senyawa penting yang bekerja sebagai fitokimia. Sejumlah dari senyawa tersebut akan bekerja sebagai anti oksidan, seperti carvone, geraniol, limonene, borneol, kamper, elemol, alinaloolquercitin, kaempferol, rhamnetin, dan epigeninaktif. Ada juga kandungan asam fenolat termasuk asam caffeic dan chlorogenic.

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan


Dengan sejumlah nutrisi dan senyawa fitokimia yang ditemukan pada biji ketumbar, sejumlah manfaat kesehatan dari ketumbar dapat ditemukan juga seperti:

Sebagai anti rematik dan arthritis
Dalam laman web Organicsfact dijelaskan bahwa pada biji ketumbar ditemukan sejumlah kandungan antiinflamasi yang akan bekerja melawan peradangan yang terbentuk di persendian. Oleh karena itu, biji ketumbar sangat baik untuk mengatasi rematik dan encok.

Mengatasi radang kulit
Sejumlah kandungan anti-inflamasi dan anti-biotik alami yang tersimpan dalam biji ketumbar juga efektif untuk pengobatan peradangan pada kulit. Maka hal ini efektif dalam mengatasi sejumlah luka terbuka, memar dan jerawat. Juga memiliki khasiat sebagai anti jamur sehingga sangat baik untuk mengatasi sejumlah keluhan jamur pada kulit, termasuk kutu air dan biang keringat.

Berdasarkan penelitian yang terungkap dalam Journal of the German Society of Dermatology pada tahun 2008, ditemukan sejumlah manfaat ketumbar pada radang kulit, termasuk peradangan akibat efek paparan sinar matahari.

Memelihara Kulit
Ketumbar cukup efektif untuk meredakan berbagai gejala kelainan kulit. Bila dikombinasikan dengan bubuk kunyit atau pasta, ketumbar bisa mencegah terbentuknya jerawat, mencegah terjadinya eksim, kulit kering, dan infeksi jamur. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa ketumbar memiliki berbagai zat antibakteri dan antiinflamasi sehingga baik untuk kesehatan kulit dan dapat membantu mengatasi infeksi mata (konjungtivitis).

Daun ketumbar dikonsumsi bersama air telah terbukti efektif untuk mengurangi panas berlebihan dalam tubuh. Selain itu, ketumbar juga bisa digunakan untuk menghilangkan berbagai logam berat berbahaya seperti merkuri, aluminium, dan timah dari dalam tubuh.

Menyembuhkan cacar
Kehadiran vitamin C dan zat besi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Properti ini bisa membantu mencegah dan mengobati cacar, juga bisa mengurangi rasa sakit dan memiliki efek menenangkan pada penderita cacar.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Kandungan asamnya yang ditemukan dalam ketumbar terdiri dari beberapa macam asam dan semuanya bekerja efektif untuk membantu memecah lemak dan kolesterol yang menempel di tubuh. Kolesterol akan lebih mudah larut ketika dalam proses pembuangan.

Anda juga bisa mendapatkan cukup asupan HDL yang akan menguntungkan kesehatan. Kenaikan HDL secara otomatis akan menggantikan kadar LDL dalam darah. Ini jelas membuat biji ketumbar sebagai salah satu ramuan terbaik untuk kolesterol yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari dapur Anda.

Fakta tentang kemampuan ketumbar untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dapat ditemukan di Journal of Environmental Biology.

Mengatasi keluhan pencernaan
Kandungan senyawa fitokimia khusus pada biji ketumbar cukup beragam. Beberapa diantaranya, seperti minyak atsiri borneol dan linalool, bekerja dengan baik terhadap fungsi pencernaan.

Senyawa penting ini bekerja untuk mengatasi kembung di perut, mengatasi mual dan muntah, membantu memaksimalkan kinerja sistem enzim pencernaan dan mendorong sistem pembuangan tinja agar bekerja lebih optimal, termasuk memperbaiki tekstur dan kerapatan tinja, seperti yang dijelaskan dalam Journal on Complementary Medicine and Drug Discovery di tahun 2011.

Biji ketumbar juga terbukti efektif mengatasi diare dengan kemampuan anti bakterial dan anti jamur di dalamnya. Hal ini terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Ethnobotanical Research pada tahun 2009 tentang Kegiatan Antimikroba dan Analisis Fitokimia Kotor sativum Terhadap Infectious Diarrhea.

Dalam laman web lain yang dilansir dari Organictfact juga mengungkapkan tentang kemampuan ketumbar dalam membantu mengatasi sejumlah keluhan pencernaan lainnya seperti dispepsia terhadap anoreksia.

Menyembuhkan sembelit
Khasiat ketumbar ini bisa menyembuhkan sembelit. Penyakit ini timbul karena ketidaknyamanan sistem pencernaan Anda yang bisa terjadi karena pola makan yang salah atau pencernaan yang kotor. Kandungan nutrisi dalam biji ketumbar ini bisa mengatasi penyakit sembelit Anda.

Anti kanker usus 
Pemakaian ketumbar pun ternyata bisa mencegah kanker yang menyerang usus. Kanker usus adalah sejenis kanker yang menyerang organ usus Anda dengan menyebarkan sel kanker ke dalam sel-sel tubuh di usus. Jika tidak diobati, pencernaan Anda akan terganggu,

Mengontrol tekanan darah
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa biji ketumbar benar-benar membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Tentu biji ketumbar juga akan memberi Anda manfaat dalam memperbaiki tekanan darah. Anda dapat menemukan penjelasan tentang manfaat ketumbar untuk hipertensi dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2009.

Mereka yang mempunyai hipertensi dapat mendapatkan manfaat biji ketumbar dengan kandungan sejumlah fitokimia yang bekerja untuk mengendalikan tekanan darah. Asam klorogenik, sejumlah lemonides dan beberapa asam dan antioksidan membantu mengatasi endapan kolesterol dalam darah, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan ukuran pembuluh darah yang akan penting untuk menetralkan tekanan darah.

Mengatasi panas di dalam
Kandungan anti septik pada ketumbar yang biasa dikenal dengan citrolenol akan membantu mengatasi sejumlah infeksi mulut dan tenggorokan. Kandungan vitamin K akan membantu tubuh secara efektif mengatasi sejumlah iritasi di mulut dan kerongkongan yang memicu panas di dalam. Mengkonsumsi ketumbar juga baik untuk sariawan dan sakit tenggorokan.

Kandungan pada ketumbar bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan menyegarkan nafas. Sebelum ditemukannya pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi atau mengatasi bau mulut.

Sebagai anti diabetes
Berkaitan dengan kemampuan ketumbar dalam menjaga kestabilan sistem endokrin dan hormonal tubuh, maka ketumbar juga bekerja juga positif terhadap produksi insulin, memberikan kepekaan kelenjar pankreas dalam menghasilkan insulin sesuai kebutuhan dan membantu menetralkan kadar glukosa darah. Manfaat ketumbar ini juga efektif sekaligus dalam mengatasi problem hiperglikemia.

Mengatasi anemia
Kandungan zat besi dalam ketumbar relatif tinggi. Dilengkapi dengan kandungan asam folat dan vitamin B12 yang tidak kalah tinggi, maka ketumbar sangat cocok dijadikan pilihan herbal untuk mengatasi anemia. Karena ketiga vitamin dan mineral ini memiliki peran sangat besar dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Sebagai anti alergi
Dalam review Organictfact terungkap bahwa minyak yang terbuat dari biji ketumbar secara efektif membantu meringankan gejala gatal dan iritasi kulit akibat alergi. Sifat hangatnya membantu mengatasi gatal. Anda juga dapat menggunakannya untuk terapi jangka panjang dalam membantu memulihkan gejala autoimun ringan seperti alergi.

Bekerja sebagai anti bakteri
Kandungan anti bakteri alami dalam ketumbar baik pada biji maupun daun telah terbukti secara medis. Salah satu yang cukup dikenal luas adalah kemampuannya mengatasi serangan bakteri salmonella. Anda dapat menemukan ulasan lengkap tentang kemampuan antibakteri ketumbar terhadap bakteri salmonella dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry 2004.

Meredakan nyeri haid
Berdasarkan informasi yang kami adaptasi dari Organictfact juga terungkap kemampuan ketumbar untuk membantu menstruasi haid dan mengatasi dan mencegah nyeri haid. Ketumbar akan merangsang sistem endokrin dan membantu mengatur sirkulasi darah selama menstruasi. Periode menstruasi yang teratur dengan kondisi hormonal yang stabil akan membantu mengatasi nyeri sendi dalam jangka panjang.

Pengobatan mata
Kandungan vitamin A dalam ketumbar relatif tinggi. Ditambah dengan vitamin C, fosfor, dan sejumlah anti oksidan di dalamnya, terbukti bahwa ketumbar memberikan manfaat baik bagi kesehatan mata. Membantu memperbaiki kerusakan penglihatan, mengurangi gejala peradangan pada mata dan membantu mengatasi sejumlah keluhan pada sistem retina dan kornea.

Mencegah konjunctivitas
Ketumbar adalah desinfektan yang sangat baik dan memiliki khasiat antimikroba yang bisa melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitis. Minyak ketumbar adalah salah satu komponen yang sangat penting dan utama yang biasanya dipakai bahan dasar dalam sejumlah produk perawatan mata.

Sebagai anti oksidan
Manfaat ketumbar sebagai ramuan alami ini bisa menjadi antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari efek radikal bebas. Saat ini banyak orang tidak sadar akan radikal bebas dan tidak mencegah efeknya dengan baik. Mengonsumsi biji ini sebagai pencegah adalah cara termudah.

Meningkatkan produksi sperma
Jika Anda adalah pria yang sering mengalami masalah dalam hal sedikitnya kandungan sperma, Anda bisa mengatasinya dengan ketumbar. Biji yang sehat ini sangat ampuh untuk membantu proses produksi sperma di dalam tubuh. Cocok untuk pasangan yang ingin punya anak.

Meningkatkan ketahanan tubuh
Khasiat ketumbar yang tak kalah penting bagi tubuh Anda adalah mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Biji ini akan meningkatkan kemampuan dan kualitas sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa menjadi lebih kebal dari serangan penyakit.

Menurunkan kadar gula darah
Jinten yang terkandung dalam ketumbar, pada kelenjar endokrin memiliki efek merangsang peningkatan sekresi insulin dari pankreas. Jadi, gula diubah menjadi glikogen sehingga menurunkan kadar gula darah tinggi. Bagi penderita diabetes, ketumbar sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu sehari-hari.

Melindungi jantung
Zat yang mengandung ketumbar bisa mengobati peradangan, ekspektoran, kejang, anti karsinogenik, melindungi hati, anti konvulsan, hipnosis, dan anti histamin. Ketumbar juga bisa menjadi afrodisiak alami bila dikombinasikan dengan tanaman lainnya.

Melawan racun dalam tubuh
Kelebihan panas tubuh bisa diturunkan dengan mengonsumsi ketumbar dan air. Ketumbar juga memiliki fungsi detoksifikasi, yang mampu mengeluarkan logam berbahaya dari dalam tubuh seperti timbal, merkuri, dan aluminium.

Itulah berbagai manfaat ketumbar untuk kesehatan khususnya untuk kolesterol, darah tinggi, dan kesehatan pria baik berupa air rebusan biji ketumbar atau yang lainnya. (Sumber : deherba, khasiat sehat, khasiat, tradisio anal obat, dokter)

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : manfaat ketumbar
Back To Top