Kebugaran Jasmani

Manfaat Buah Semangka


Info kesehatan - Semangka merupakan buah yang cocok  dinikmati dengan cara dibikin jus dengan menawarkan rasa sejuk dan manis. Dengan kandungan air sebanyak 92 persen, 8 persen kadar gula, dan 48 kalori per cangkir, maka semangka ini sungguh cocok dikonsumsi pada musim panas dan yang mengagumkannnya lagi adalah manfaat buah ini salah satunya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Ada banyak manfaat lain dari buah semangka selain itu kalau kita telusuri lebih detail lagi, yaitu :


Manfaat Buah Semangka


Membuat tidur nyenyak
Jika Anda memiliki gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea, coba makan semangka maka Anda bisa lihat banyak perbedaan hasilnya. Serotonin dan dopamine yang terkandung di alam semangka adalah kuncinya. Ketika bahan kimia yang diproduksi dalam semangka ini masuk ke dalam tubuh, otak menjadi kurang responsif terhadap rangsangan seperti kebisingan. Hal ini dapat memastikan Anda tidur malam dengan baik. Makan semangka sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 27 % .

Membantu penyembuhan luka dan memar
Ngemil semangka selama musim panas juga dapat membantu menyembuhkan luka dan memar lebih cepat. Semangka mengandung asam citrulline dengan jumlah tinggi yang diubah menjadi arginin oleh tubuh. Arginine adalah kimia yang  mempercepat pelepasan sel-sel darah putih (sel darah yang melawan infeksi) ke area yang terinfeksi atau luka tubuh.

Mengurangi stress
Semangka kaya akan vitamin B6, yang penting dalam produksi serotonin dan dopamine. Karbohidrat polisakarida yang terkandung dalam semangka meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, sementara vitamin B6 membantu tubuh merasa baik dengan sintesis dopamin. Serotonin dan dopamine yang dilepaskan oleh otak adalah senyawa yang terkait suasana hati yang mengurangi sensitivitas otak untuk gangguan dan meningkatkan perasaan menyenangkan. Dengan cara ini, semangka membantu meringankan kelelahan, stres, kecemasan dan emosi negatif lainnya.

Menyehatkan jantung
Semangka kaya akan asam amino citrulline  yang bekerja untuk memperluas pembuluh darah  sehingga membantu mengurangi stres pada jantung  dan menurunkan tekanan darah.

Sebagai viagra alami
Ya, sangat mengejutkan tapi benar.  Asam amino citrulline yang membantu jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah  juga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah ke pembuluh darah di dalam penis yang membuat ereksi lebih kuat.

Perlindungan dari matahari
Menurut sebuah penelitian terbaru, makan semangka dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari sebanyak 40 %.  Kehadiran antioksidan kuat lycopene di dalamnya, bisa memerangi radiasi sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar, membuat keriput dan garis-garis halus. Lycopene juga membantu untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Membuat tubuh lebih sehat
Jumlah lycopene yang ditemukan dalam semangka lebih banyak daripada yang ditemukan dalam tomat sehingga membuat  semangka dinyatakan sebagai sumber alam terbaik dari lycopene. Selain itu, semangka juga kaya akan antioksidan kuat lainnya, beta - karoten serta menyediakan vitamin C dan A. Antioksidan membantu meredakan radikal bebas yang dapat merusak jaringan dan organ tubuh. Kandungan antioksidan yang begitu banyak  dalam semangka membuat semangka termasuk buah golongan super untuk kesehatan tubuh. Studi menunjukkan bahwa kehadiran lycopene dapat membuat efektif dalam mengurangi risiko penyakit seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, asma, kanker usus besar, kanker kulit dan banyak lagi.

Perawatan kulit
Semangka juga secara signifikan mengurangi penuaan kulit. Ketika kita tua, kulit kita menunjukkan tanda-tanda maksimum kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Kehadiran lycopene bermanfaat dalam menurunkan radikal bebas dari tubuh dan memperlambat proses penuaan yang cukup efektif .
Semangka juga menghilangkan kelebihan minyak dari kulit, menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Buah ini juga memiliki efek pelembab alami pada kulit dan membuat wajah bersinar.

Baik untuk ginjal
Semangka membantu mencuci ginjal Anda dan menghilangkan semua kelebihan garam kalsium yang hadir di dalamnya. Buah semangka mengandung potassium, yang tidak hanya membantu dalam menghilangkan garam tetapi juga mengurangi konsentrasi asam urat dalam aliran darah. Hal ini lumayan mencegah kemungkinan pembentukan batu ginjal.

Pilihan para atlet
Jus semangka membuat keajaiban dalam meningkatkan tingkat energi dan menghilangkan stres pasca berolahraga otot khususnya pada atlet. Sementara di satu sisi,  kehadiran B6, B1, magnesium dan kalium dalam semangka dapat memberikan energi sebanyak 23 %. Sifat antioksidannya dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan kinerja atletik. Efektivitas semangka sebagai jus minuman untuk atlet juga telah dikaitkan dengan kehadiran senyawa L-citrulline yang ditemukan di dalamnya, karena L-citrulline biasanya digunakan untuk minuman para atlet.

Mengurangi berat badan dan gula darah
Makan semangka dapat mengurangi berat badan Anda, karena mengkonsumsinya membuat Anda merasa kenyang, dengan hampir tidak ada kalori, banyak air yang kaya elektrolit dan serat yang sehat. Itulah mengapa ia telah mendapatkan reputasi sebagai buah yang sempurna untuk diet. Semangka juga membantu dalam mengatur kadar gula darah dan dalam mempertahankan sekresi insulin tubuh dengan kalium dan magnesium yang ada di dalamnya.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Buah
Back To Top