Kebugaran Jasmani

Tips Menjaga Kesehatan Mata Minus


Tips menjaga kesehatan mata minus ini diperlukan agar mata Anda tidak bertambah nilai minusnya, namun diharapkan bisa berkurang keminusannya dan bisa disembuhkan seperti sedia kala. Tips paling mudah dalam menjaga kesehatan mata minus adalah menghindari penyebab timbulnya mata minus. Apa saja yang menjadi penyebab timbulnya mata minus ? Banyak, diantaranya Anda harus menghindari hal-hal berikut ini :
  • membaca dalam keadaan pencahayaan yang kurang memadai.
  • membaca sambil tiduran.
  • terlalu banyak terkena pancaran radiasi monitor atau gadget, solusinya pasang anti radiasi di layar laptop atau gadget Anda, kurangi kecerahannya, atur jarak pandang dengan layar serta istirahatkan mata selama 5 menitan setelah di depan layar selama 30 menitan.
  • banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula
Tentunya selain menghindari penyebab mata minus, sebaiknya Anda juga melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan mata minus Anda supaya bisa kembali sehat seperti biasa atau paling tidak bisa mengurangi nilai minusnya. Berikut ini tipsnya :

Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah 
Sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda adalah yang mengandung banyak vitamin A, diantaranya sayuran berdaun hijau semacam bayam, brokoli, wortel, bawang putih dan bawang merah. Buah-buahannya diantaranya alpukat dan apel. Selain buah dan sayur, perbanyak juga mengkonsumsi telur dan ikan salmon sebagai proteinnya.

Menatap benda jauh
Setelah bangun pagi, cobalah memandang alam sekitar yang jauh jaraknya dari kita misalnya gunung, pepohonan dan hamparan sawah. Tidak harus lama, 5-10 menit saja asalkan rutin tiap hari, bisa membantu mata Anda menjadi sehat dan suasana batin menjadi fresh kembali.

Menatap benda yang bergerak
Caranya, misalnya Anda menatap kendaraan yang sedang bergerak dengan menggunakan gerakan bola mata, tanpa dengan gerakan leher atau kepala.

Melakukan senam mata
Tujuannya untuk melatih kefokusan pandangan. Caranya mudah sekali, cukup dengan mengamati objek dengan jarak yang berbeda dengan kedipan sebagai pemisahnya secara bergantian.

Menggunakan daun sirih
Caranya, sediakan 2 lembar daun sirih yang bersih lalu simpan di atas mata sehingga mata tertutup daun sirih.

Menjaga kebersihan mata
Kita bisa membersihkan bola mata dengan menggunakan obat tetes mata, apalagi setelah mengendarai kendaraan bermotor sampai mata menjadi merah, maka pada kondisi tersebut sangat dianjurkan sekali membersihkannya dengan segera.

Tidur cukup
Dengan waktu tidur yang cukup, akan memberi kesempatan kepada mata untuk beristirahat. Jadi jangan terlalu gila kerja, mata juga punya hak untuk istirahat.

Memakai kacamata
Pemakaian kaca mata akan membantu mengurangi keminusan walaupun membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu, kaca mata bisa berguna untuk menangkis rasa silau pada mata. Namun pemakaian kacamata ini dilakukan apabila betul-betul sudah terpaksa, misalnya mengganggu pekerjaan kita. Selagi pekerjaan bisa dilakukan tanpa kacamata, jangan memakai kacamata agar kita tidak ketergantungan terhadap kacamata tersebut.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata minus agar mata Anda bisa berkurang nilai keminusannya dan sembuh.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Mata
Back To Top