Kebugaran Jasmani

Jenis Jenis Narkoba


Selain mengetahui pengertian narkoba, ada baiknya sobat juga harus mengetahui jenis-jenis narkoba yang ada di dunia. Obat di bawah ini masuk pada obat yang dikontrol penggunaanya secara internasional diantaranya ATS, coca/kokain, ganja, halusinogen, opiat dan obat penenang. Negara telah memutuskan untuk mengontrol obat ini karena menimbulkan ancaman bagi kesehatan.

Memang, beberapa efek dari obat ini mungkin cukup bagus, namun tidak berlangsung lama. Banyak orang mengalami depresi dan kesepian setelah mengkonsumsinya dan mulai merasa sakit. Juga, ada kasus orang-orang yang menggunakan obat-obatan ini menjadi terlihat kebingungan, mata merah, berkeringat banyak dan tidak peduli tentang penampilan fisik mereka.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing jenis obat dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kesehatan Anda, silahkan baca informasi berikut ini.


Ganja

Tanaman ganja ini biasanya dipakai sebagai tembakau dengan mengeringkan daunnya. Ada juga yang dibubukkan dan dijadikan bahan tambahan dalam membuat kue. Ada juga ganja yang berbentuk minyak atau berbentuk cair. Ganja adalah obat terlarang yang paling banyak dibudidayakan, diperdagangkan dan disalahgunakan. Semua bentuk ganja itu biasanya dipakai sebagai rokok. ditelan atau diseduh dalam teh.

Ganja bisa membuat pengguna merasa santai dan meningkatkan kesadaran sensorik mereka. Dengan demikian, pengguna mungkin akan mengalami rasa lebih hidup dari penglihatan, penciuman, rasa dan pendengaran.

Efek jangka pendek meliputi peningkatan nafsu makan dan denyut nadi tinggi. Kemampuan intelektual dan fisik pengguna akan terganggu. Dengan dosis besar, pengguna mungkin akan mengalami persepsi sensorik parah sehingga berpikir lambat dan bingung. Jika dosisnya sangat besar, efek dari ganja akan mirip dengan halusinogen, dan dapat menyebabkan kecemasan, panik dan bahkan episode psikotik. Pemakai biasanya akan kehilangan minat dalam semua kegiatan seperti pekerjaan dan hubungan pribadi.

Selanjutnya, asap ganja juga mengandung tar sebanyak 50 persen sehingga meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Seperti halnya obat-obatan terlarang lainnya, pengguna kemungkinan akan membuat tindakan yang buruk lainnya seperti berhubungan seks tanpa kondom sehingga berisiko tertular HIV/AIDS, hepatitis, dan penyakit menular lainnya.


Kokain

Kokain adalah bubuk putih halus yang bertindak sebagai stimulan yang kuat. Dalam bentuk murni kokain diekstrak dari daun tanaman koka. Kokain juga dapat diencerkan ditambah dengan zat lain untuk meningkatkan kuantitas. Crack adalah kokain yang telah diproses lebih lanjut dengan amonia atau natrium bikarbonat (baking soda) dan tampak seperti serpihan yang kecil atau batu.

Kokain biasanya dipakai dengan cara diendus  atau disuntikkan, sedangkan crak biasanya dirokok. Kokain bisa membuat pengguna merasa gembira dan euforia. Pengguna sering mengalami peningkatan tingkat kewaspadaan dan energi, dan penundaan rasa lapar dan lelah.

Efek jangka pendek diantaranya napas lebih cepat dan peningkatan temperatur tubuh dan detak jantung. Perilaku pengguna juga bisa menjadi aneh, tidak menentu dan bisa melakukan kekerasan. Dosis berlebihan dapat menyebabkan kejang-kejang, stroke, pendarahan otak atau gagal jantung.

Untuk dampak jangka panjang, kokain berisiko dalam berbagai masalah kesehatan, tergantung pada metode mengkonsumsinya. Mengendus kokain akan memperparah kerusakan jaringan hidung, merokoknya dapat menyebabkan masalah pernapasan, sementara injeksi dapat menyebabkan abses dan infeksi penyakit.

Risiko lainnya, terlepas dari metode konsumsi, adalah ketergantungan, malnutrisi, penurunan berat badan, kebingungan, apatis dan keadaan mirip dengan paranoid.

Pencampuran kokain dengan alkohol koktail akan berbahaya dan dapat meningkatkan kemungkinan kematian mendadak. Dan seperti obat terlarang lainnya, kokain juga meningkatkan kemungkinan dia melakukan yang buruk padanya, seperti melakukan seks yang tidak aman dan berbagi jarum suntik. Dengan demikian, pengguna berisiko tertular HIV/AIDS, hepatitis, dan penyakit menular lainnya.


Ekstasi

Ekstasi adalah stimulan psikoaktif yang biasanya didistribusikan dalam bentuk tablet atau pil, dan bubuk atau kapsul. Tablet bisa dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda. Ekstasi biasanya digunakan dengan dimakan, didengus atau disuntikkan.

Ekstasi dapat meningkatkan tingkat empati pengguna dan menimbulkan perasaan kedekatan dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini sering digunakan pada "rave party" untuk meningkatkan sosialisasi dan tingkat energi.

Dalam jangka pendek, ekstasi dapat membuat tubuh mengabaikan sinyal marabahaya seperti dehidrasi, pusing dan kelelahan, dan juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Selanjutnya, ekstasi dapat merusak organ internal seperti hati dan ginjal, dan kadang-kadang menyebabkan kejang-kejang dan gagal jantung.

Dosis besar juga menyebabkan kegelisahan, kecemasan dan halusinasi visual dan auditori parah. Penggunaan ekstasi jangka panjang dapat merusak bagian otak tertentu, sehingga depresi serius dan kehilangan memori.

Tablet atau pil yang dijual sebagai "ekstasi" mungkin mengandung zat-zat yang berbahaya lainnya yang dapat bervariasi dalam hal kekuatan dan efek.


Halusinogen

Halusinogen, atau "psychedelics", adalah obat yang mengubah kesadaran dan menghasilkan berbagai jenis halusinasi. Jenis utama dari halusinogen adalah asam d-lysergic diethylamide (LSD), hencyclidine (PCP), amfetamin halusinogen, mescaline dan jamur Psilocybe.

LSD adalah obat semi-sintetis yang berasal dari asam lysergic, yang ditemukan dalam jamur yang tumbuh pada gandum dan biji-bijian lainnya. LSD, sering disebut sebagai "asam", adalah salah satu halusinogen yang paling ampuh. Biasanya dijual dalam kotak kecil dari kertas isap, tablet, kapsul atau kadang-kadang dalam bentuk cair. Tidak berwarna, tidak berbau dengan rasa sedikit pahit.

LSD menyebabkan perubahan yang kuat dalam pikiran, suasana hati dan indera selain perasaan empati dan sosialisasi. Namun, efek yang tepat dari LSD bervariasi tergantung pada keadaan mental pengguna dan lingkungan saat menggunakan obat.

Dalam jangka pendek, LSD menghasilkan delusi dan persepsi terdistorsi. Beberapa pengguna LSD mengalami akibat yang parah, pikiran dan perasaan takut seperti takut kehilangan kontrol, takut kegilaan dan kematian, dan keputusasaan.

Efek fisik sangat kecil dibandingkan dengan efek psikologis dan emosional. Efek fisik diantaranya pupil melebar, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, kehilangan nafsu makan, sulit tidur, mulut kering dan tremor.


Heroin

Heroin adalah obat adiktif penghilang rasa sakit yang diproses dari morfin, zat alami dari tanaman opium poppy Asia. Heroin murni berbentuk bubuk putih. 

Heroin biasanya disuntikkan tetapi juga dapat didengus, dirokok atau dihirup. Heroin dapat membuat pengguna merasa mengalami euforia, bersama dengan perasaan hangat dan relaksasi. Pengguna juga sering terlepas dari emosi atau fisik distress, nyeri atau kecemasan.

Efek jangka pendek adalah mual, muntah, mengantuk, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan apatis. 

Penggunaan heroin jangka panjang akan memiliki berbagai efek kesehatan yang parah. Antara lain, dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah dan kekurangan gizi yang dapat menyebabkan pembuluh darah rusak dan penyakit hati. Hal ini juga dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, sedasi dan apatis kronis.

Tiba-tiba berhenti menggunakan heroin akan menyebabkan gejala seperti kram, diare, tremor, panik, hidung berdarah, menggigil dan berkeringat.


Methamphetamine

Methamphetamine adalah bagian dari kelompok obat yang disebut ATS (ATS). Ini adalah obat sintetis yang biasanya diproduksi di laboratorium ilegal. Methamphetamine berbentui bubuk, tablet atau sebagai kristal yang terlihat seperti pecahan kaca.

Dipakai dengan cara ditelan, diendus, dirokok atau disuntikkan. Methamphetamine merangsang perasaan fisik dan mental, serta gelombang euforia dan kegembiraan. Pengguna mengalami kenaikan energi, sehingga sering dianggap dapat meningkatkan kinerja mereka pada tugas manual atau intelektual. Pengguna juga merasa bisa menunda lapar dan lelah.

Resiko jangka pendek, pengguna dapat kehilangan nafsu makan dan bernapas lebih cepat. Denyut jantung dan tekanan darah mereka dapat meningkat dan suhu tubuh dapat naik dan menyebabkan berkeringat. Dengan dosis besar, pengguna merasa gelisah dan mudah marah dan mungkin mengalami serangan panik.

Dosis berlebihan dapat menyebabkan kejang-kejang dan kematian akibat gagal pernapasan, stroke atau gagal jantung.

Penggunaan metamfetamin jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan gizi, berat badan dan pengembangan ketergantungan psikologis. Setelah pengguna kronis berhenti memakai methamphetamine, maka akan mengalami periode tidur panjang, dan kemudian depresi. Penggunaan metamfetamin kadang-kadang memicu perilaku agresif, kekerasan dan rasa aneh di kalangan pengguna.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Narkoba
Back To Top