Kebugaran Jasmani

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh


Kurma telah dibudidayakan sejak sekitar 6000 SM. Buah kurma adalah salah satu buah yang paling manis di dunia dan juga tersedia dalam varietas yang berbeda. Meskipun kurma dapat dimakan segar, namun buah ini sangat kering, menyerupai kismis atau plum. Baik ketika dimakan dalam kedaan muda atau kering, tetapi manfaat kesehatan dari kurma masih sama berlimpah.

Nutrisi buah kurma
Jika Anda sedang mencari serat, kalium, atau tembaga, maka bisa didapat dari kurma. Sementara kurma kaya akannutrisi penting dan karena itulah kurma menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini sangat kecil, jadi Anda harus mengkonsumsi jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan asupan jumlah nutrisi yang diperlukan.

Data gizi berikut menguraikan beberapa nutrisi utama yang ditemukan di dalam kurma, dan didasarkan pada porsi 100 gram buah kurma.
- Fiber - 6,7 gram. 27% RDA.
- Kalium - 696 miligram. 20% RDA.
- Tembaga - 0,4 miligram. 18% RDA.
- Mangan - 0,3 miligram. 15% RDA.
- Magnesium - 54 miligram. 14% RDA.
- Vitamin B6 - 0,2 miligram. 12% RDA.

Kurma tinggi akan kandungan gula yakni  66,5 gram per 100 gram porsi buah. Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula sebisa mungkin, walaupun gula yang dikonsumsi itu berasal dari buah.

Kurma memang bukan pembangkit tenaga bila dibandingkan dengan beberapa makanan lain seperti kiwi atau biji wijen, tapi buah ini masih menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan bersama dengan rasanya yang enak.

Berikut adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengobati sembelit
Serat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan menjadikan buang air besar bisa teratur. Serat tidak larut dan serat larut ditemukan di dalam kurma yang membantu dalam membersihkan sistem pencernaan, yang memungkinkan usus besar bisa bekerja kembali pada tingkat yang lebih efisien. Beberapa manfaat lain yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar adalah berkurangnya risiko radang usus, kanker usus besar, dan wasir.

Meningkatkan kesehatan jantung
Selain meningkatkan kesehatan usus, serat juga dikenal meningkatkan kesehatan jantung.

Anti-inflamasi
Kurma kaya akan magnesium, mineral yang dikenal bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Sebuah studi menemukan bahwa indikator inflamasi dalam tubuh seperti CRP (C-reactive protein), TNF (tumor necrosis factor alpha), dan IL6 (interleukin 6) semuanya berkurang ketika asupan magnesium meningkat. Selanjutnya, peradangan pada arteri dinding juga berkurang dengan asupan magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, magnesium secara efektif dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, arthritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit terkait kesehatan peradangan lain.

Mengurangi tekanan darah 
Magnesium telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium adalah mineral lain di dalam kurma yang memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, membantu cara kerja yang tepat dari jantung dan membantu mengurangi tekanan darah.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh


Mengurangi risiko stroke
Setelah mengevaluasi 7 penelitian yang diterbitkan selama periode waktu 14 tahun, peneliti menemukan risiko stroke berkurang sebesar 9% untuk setiap setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi seseorang per hari. Penelitian ini dapat ditemukan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Menyehatkan proses kehamilan
Sebuah studi dilakukan oleh para peneliti di Universitas Sains dan Teknologi untuk menemukan bagaimana dampak buah kurma untuk proses kehamilan. Setelah mempelajari 69 wanita selama satu tahun dan 1 bulan, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan, secara signifikan akan mengurangi kebutuhan untuk induksi dan augmentasi persalinan, dan lebih menguntungkan, walaupun tidak signifikan.

Meningkatkan kesehatan otak 
Beberapa penelitian, seperti yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup terkait dengan kinerja otak dan lebih baik dan skor tes yang lebih baik.

Kesimpulannya begini bahwa kurma mempunyai manfaat untuk kesehatan untuk:
- menurunkan berat badan
- menghilangkan sembelit, mendukung gerakan usus yang teratur
- meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung
- diare
- defisiensi besi anemia
- mengurangi tekanan darah
- ketidakmampuan
- meningkatkan pernapasan dan kesehatan pencernaan
- pengiriman kehamilan
- pencegahan wasir
- kondisi kronis seperti arthritis
- mengurangi resiko radang usus
- mencegah kanker usus
Ingatlah untuk berbagi semua manfaat kesehatan dari kurma dengan teman dan keluarga!

Sumber :
http://naturalsociety.com/

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kesehatan Tubuh, Manfaat
Back To Top